Sanggau, BerkatnewsTV. Stok cadangan beras untuk kebutuhan Natal serta Tahun Baru (Nataru) di Kabupaten Sanggau dijamin aman dan cukup hingga awal tahun 2022.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Sanggau, Kubin mengatakan cadangan Bulog ada sekitar 200 ton dan 600 ton tambahan dalam perjalanan sehingga total cadangan Bulog 800 ton, kemudian cadangan beras Pemerintah Kabupaten ada 124 ton.

Dikatakan Kubin, cadangan 124 ton beras itu, dipersiapkan untuk petani yang gagal panen apalagi ada sekitar 20 persen lahan pertanian yang mengalami puso.

Baca Juga:

“Artinya 124 ton ini masih cukup untuk mengatasi ketersediaan stok beras untuk Natal dan tahun baru,” terangnya optmis.

Masih dikatakan dia, cadangan beras di Bulog dan Pemerintah Kabupaten aman sampai pertengahan Januari 2022 mendatang. Ditambah lagi, pada Februari, Maret dan April diperkirakan memasuki musim panen.

“Sebenarnya sekarang (Desember) petani kita ada yang panen, cuma jumlahnya tidak terlalu banyak karena petani kita ada yang tanam padi tiga kali setahun. Sekarang di Batang Tarang petaninya ada yang panen, cuma tidak terlalu banyak,” pungkas Kubin. (pek).