Wali kota Singkawang mengikuti Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021 di Yogyakarta yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi)
Wali kota Singkawang mengikuti Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021 di Yogyakarta yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Foto: ist

Singkawang, BerkatnewsTV. Pemkot Singkawang akan berupaya mewujudkan smart city.

Wali kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan smart city akan mempercepat kemajuan kota mulai dari pemerintahan hingga ekonomi.

Apabila masyarakat menginginkan informasi maupun mendapat masalah, maka OPD terkait dapat segera mengatasinya.

“Dengan smart city maka pelayanan, pengaduan dan informasi dapat dengan mudah dan cepat sebagai wujud peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Maka kita harus segera mewujudkannya,” katanya disela mengikuti Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021 di Yogyakarta, 13-15 Oktober yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

ISCFE 2021 satu rangkaian dengan kegiatan Rapat Kerja Teknis APEKSI tahun 2021 sekaligus sebagai ajang membahas isu-isu terkini seputar Smart City.

Tjhai Chui Mie menambahkan di masa pandemi, kita dipaksa untuk bisa menggunakan IT, artinya kita sudah mempunyai rencana.

“Dengan adanya pandemi justru mendorong kita untuk lebih mempercepat smart city,” ujarnya.

Baca Juga:

Ia berharap kepala OPD hingga staf dapat mengikuti perkembangan IT.

“Sehingga nantinya dapat diterapkan dan dilaksanakan dengan baik di Kota Singkawang,” harapnya.

Sementara, Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya Sugiarto mengatakan, smart city merupakan kota yang mampu menggunakan sumber daya manusia, modal sosial dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi.

“Tentu dengan manajemen sumber daya yang bijaksana melalui pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat,” katanya.

Smart City adalah sebuah konsep kota pintar yang membantu masyarakat dalam mengelola sumber daya yang ada dengan efisien.(cok)