Description

APBD Perubahan 2021 Disahkan, Naik Rp150 Miliar Pinjam dari Bank

Wakil Ketua dan Bupati Kubu Raya saat menanda tangani SK pengesahan Perda APBD Perubahan TA 2021.
Wakil Ketua dan Bupati Kubu Raya saat menanda tangani SK pengesahan Perda APBD Perubahan TA 2021. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. APBD Perubahan Kubu Raya Tahun Anggaran 2021 akhirnya disahkan, yang ditanda tangani oleh Bupati dan DPRD Kubu Raya, Rabu (29/9).

APBD Perubahan 2021 mengalami kenaikan. Dimana untuk Pendapatan Daerah sebesar Rp1,5 triliun dan Belanja Daerah sebesar Rp1,7 triliun serta Pembiayaan Daerah sebesar Rp150 miliar.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan kenaikan APBD Perubahan TA 2021 ini dikarenakan adanya pinjaman daerah sebesar Rp150 miliar.

“Jadi ada penyesuaian dari pinjaman daerah selain peningkatan PAD,” ungkap Muda usai rapat paripurna di DPRD, Rabu (29/9).

Disebutkan Muda, pinjaman daerah ini dalam rangka untuk mempercepat pembangunan daerah khususnya di sektor infrastruktur. Namun, ini sifatnya multiyears. Dimana pembangunannya dilanjutkan tahun depan.

“Kita upayakan penyerapan anggarannya bisa maksimal 90 persen,” ucapnya.

Baca Juga:

Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Suharso mengatakan APBD Perubahan 2021 menjawab keraguan masyarakat terhadap komitmen Bupati dan DPRD Kubu Raya terhadap kelangsungan pembangunan infrastruktur.

“Memang sebelumnya banyak terjadi recofusing anggaran disebabkan pandemi covid-19. Sehingga untuk mengatasinya maka dilakukan pinjaman kepada pihak ketiga,” ucapnya.

Suharso berharap penyerapan APBD Perubahan dapat lebih optimal dan maksimal mengingat waktu yang tersisaa tidak banyak.

“Kita berharap OPD-OPD dapat memaksimalkan anggaran yang ada di APBD Perubahan ini. Sebab lebih fokus digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Jadi jangan sampai pinjaman yang telah diberikan pihak ketiga tadi menjadi sia-sia,” harapnya.(rob)