Description

Kejar UHC, BPJS Kesehatan Singkawang Gelar Forum Komunikasi dan Kemitraan

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Singkawang menggelar Forum Komunikasi dan Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Kota Singkawang.
BPJS Kesehatan Kantor Cabang Singkawang menggelar Forum Komunikasi dan Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Kota Singkawang. Foto: ist

Singkawang, BerkatnewsTV. Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tentunya tidak dapat lepas dari peran serta dan dukungan penuh dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah.

Pemerintah memegang peranan penting meningkatkan kualitas layanan serta mendorong cakupan kepersertaan demi tercapainya Universal Health Coverage (UHC) khususnya di wilayah Kota Singkawang.

Untuk itu, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Singkawang menggelar Forum Komunikasi dan Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Kota Singkawang, Senin (27/9).

Acara yang diselenggarakan di Kota Singkawang tersebut dihadiri oleh beberapa stakeholder, diantaranya adalah Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Kepala Dinas Kesehatandan KB Kota Singkawang, Kepala Dinas Sosial PP dan PA Kota Singkawang, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Naker Kota Singkawang, BAPPEDA, BKD.

Direktur Rumah Sakit di Wilayah Kota Singkawang, Ketua IDI Kota Singkawang, dan kemudian disusul dengan kehadiran Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE, MH.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie apresiasi kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Singkawang dengan Pemkot Singkawang menyukseskan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Baca Juga:

“Perlu diketahui bersama bahwa Peserta JKN semakin meningkat dari hari kehari, berdasarkan Data Nasional per Agustus 2021 untuk provinsi Kalimantan Barat kepesertaannya mencakup 3.964.032 jiwa atau 72,44% dari total penduduk Kalimantan Barat. Sedangkan untuk wilayah Kota Singkawang per bulan Agustus 2021 pencapaianya sebesar 76,22% atau 182.370 jiwa dari total jumlah penduduk Kota Singkawang,” bebernya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Singkawang, Desvita Yanni menyampaikan beberapa informasi terbaru terkait pelaksanaan program JKN-KIS.

Khususnya di Kota Singkawang meliputi penyampaian saran dan gagasan, pemecahan masalah perluasan cakupan kepesertaan, peningkatan kualitas layanan kesehatan serta perumusan rencana kerjasama yang strategis dalam rangka percepatan UHC di Kota Singkawang.

“Dalam rangka percepatan UHC di Kota Singkawang, tentunya diperlukan peran serta OPD serta Stakeholder terkait yang selalu bersinergi dengan BPJS Kesehatan, serta diperlukan juga peran aktif kecamatan, kelurahan sampai dengan RW dan RT dalam memberikan data yang update kondisi masyarakat di lingkungannya terkait kepesertaan JKN-KIS,” ujar Desvita. (HR/im)