Description

HIPMI Perkuat Entreprenuer dan Perbanyak Aksi, Lirik Komoditi Desa

Bupati Kubu Raya menghadiri pelantikan BPC HIPMI Kubu Raya masa bakti 2021-2024.
Bupati Kubu Raya menghadiri pelantikan BPC HIPMI Kubu Raya masa bakti 2021-2024. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Para pengurus HIPMI Kubu Raya diingatkan untuk memperkuat entrepenuer dan memperbanyak aksi dalam rangka pemulihan ekonomi sehingga tidak lebih cenderung seminar atau webinar semata.

Hal itu diingatkan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat menghadiri pelantikan BPC HIPMI Kubu Raya masa bakti 2021 – 2024, Senin (20/9) malam.

Muda berharap HIPMI terus kedepankan entreprenuership dan perbanyak action untuk memperkuat literasi digital, sehingga masyarakat bisa mengakses digital market supaya akses itu bisa untuk memanfaatan pangan lokal yang dapat diolah menjadi produk siap ekspor dengan kualifikasi yang memadai

“HIPMI harus mampu bertransformasi dan beradaptasi dengan kondisi yang memiliki daya saing yang kuat sehingga bisa munculkan SDM HIPMI yang tangguh, berkarakter dan kokoh,” ujarnya.

Apalagi disebutkan Muda komoditi-komoditi yang ada di desa-desa memerlukan pasar. Maka di tengah pandemi saat ini justru harus memperkuat produk-produk pangan daerah mulai dari padi, jagung, kopi, kelapa, maupun produk unggulan daerah yang banyak bisa diolah, termasuk juga dari sumber perikanan, perkebuanan.

Dengan begitu Muda yakin investasi akan datang sendiri apabila daerah ini ramah dengan langkah-langkah yang dilakukan untuk pola-pola perizinan pelaku usaha.

Maka melalui HIPMI bisa menjadi mitra yang produktif, memberikan nilai tambah, gagasan, juga bermitra dengan desa-desa, misalnya membawa pihak-pihak yang mau bermitra dengan desa supaya bisa diperdayakan.

Baca Juga:

“Dengan cara inilah kita bisa memperkuat ekonomi di Kubu Raya, termasuk di Kalbar maupun di Indonesia. Harapan kita, keberadaan kepengurusan HIMPI ini tidak hanya sekedar gagah-gagahan saja, namun actionnya harus konkrit dan langsung mendarat ke masyarakat,” tambahnya.

Apalagi lanjut Muda di HIPMI banyak yang sudah jadi anggota DPRD tentunya mengenal wilayah Kubu Raya. Jadi tidak terlalu rumit.

“Makanya saya mengajak Dinas-dinas terkait untuk bisa menyatupadukan upaya-upaya itu semua,” ujarnya.

Ketua BPD HIPMI Kalbar, Denia Yuniarti Abdussamad meminta BPC HIPMI Kubu Raya terus bergeliat dalam aktivitas organisasi walau baru dilantik saat ini.

“Tujuan utama dari organisasi ini untuk menghimpun semangat wirausahawan-wirausahawan muda agar memberikan spirit kepada warausahawan tetap terjaga dengan baik dan geliat,” sebutnya.

Menurutnya, kolaborasi, relasi dan inovasi antar stakeholder akan mendorong akselerasi pembangunan ke arah yang baik. Akselarasi adalah tujuan kolaborasi sedangan relasi dan inovasi adalah proses memperbaiki, memberikan nilai yang signifikan.

“Program-program konkrit banyak sekali yang bisa kita lakukan, baik itu dari sektor ekonomi, pertanian, perkebunan, gas, perminyakan, dan lain sebagainya. Dengan demikian HIPMI menjadi bagian dalam mewujudkan kemajuan perekonomian di kabupaten Kubu Raya,” ujarnya.

BPC HIPMI Kubu Raya yang dilantik Ketua BPD HIPMI Kalbar ini digawangi Ketum Teguh Wibowo, Sekum Fahrul Wajidi dan Bendum Dessy Fitri Anggraeni dibantu puluhan kompartemen dan departemen.

Tampak hadir, Wakil Ketua DPRD Kubu Raya Suharso, Assisten II Gandhi Satyagraha, Kepala Disporapar, Kepala Disperindagkop, Sekretaris DPRD, perwakilan Kodim 1201 Pontianak dan Polres Kubu Raya serta beberapa ormas dan OKP.(nhd)