Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Djauhari resmi menutup Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Komponen Cadangan Kodam XII/Tpr di Lapangan Sapta Marga Rindam XII/Tpr.
Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Djauhari resmi menutup Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Komponen Cadangan Kodam XII/Tpr di Lapangan Sapta Marga Rindam XII/Tpr. Foto: ist

Singkawang, BerkatnewsTV. Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Djauhari resmi menutup Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Komponen Cadangan Kodam XII/Tpr di Lapangan Sapta Marga Rindam XII/Tpr.

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 499 sukarelawan dari wilayah Kodam XII/Tpr dinyatakan berhasil mengikuti Latsarmil Komponen Cadangan Matra Darat.

Untuk diketahui, pembentukan Komponen Cadangan Matra Darat tahun 2021 sebanyak 2500 orang dilaksanakan di wilayah Rayon I yang dilaksanakan di Kodam Jaya, Kodam III/Slw, Kodam IV/Dip, Kodam V/Brw dan Rayon III di Kodam XII/Tpr dengan alokasi masing-masing Rindam 500 orang.

Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djauhari, saat membacakan amanat Menteri Pertahanan RI, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kesiapan dan kerelaan para sukarelawan untuk ikut serta menjadi bagian dari Komponen Cadangan.

Baca Juga:

Kerelaan ini merupakan wujud tanggung jawab bersama akan pentingnya kesadaran bela negara bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan, TNI dan Polri semata, namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia,” ucapnya.

Kasdam mengatakan, Latsarmil dilaksanakan untuk membentuk dan mendidik Komponen Cadangan sebaik mungkin dengan maksud agar mencapai sasaran yang diinginkan sesuai dengan Kurikulum Latsarmil bidang sikap dan perilaku, pengetahuan dan keterampilan serta jasmani yang samapta.

“Dengan kegiatan Latsarmil ini, diharapkan anggota Komponen Cadangan dapat melaksanakan tugas di satuan jajaran TNI, sehingga mampu memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama dalam mengadapi ancaman,” katanya.

Selanjutnya Kasdam mengatakan, latihan tidak hanya berhenti sampai di sini, setelah penutupan Latsarmil Komponen Cadangan pada hari ini, akan dilanjutkan dengan materi latihan pembulatan Komponen Cadangan.

Kegiatan tersebut merupakan latihan dan pembelajaran lanjutan dalam rangka memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas sebagai Komponen Cadangan serta untuk melihat sampai sejauh mana tingkat keberhasilan pemahaman selama mengikuti Latsarmil di Rindam-Rindam.

“Lebih jauh, agar anggota Komponen Cadangan mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan secara teori maupun praktek di lapangan dengan baik dan benar,” pungkas.(rls/tmB)