Bupati Kubu Raya saat meninjau vaksinasi bumil dan lansia di Desa Sui Raya Dalam
Bupati Kubu Raya saat meninjau vaksinasi bumil dan lansia di Desa Sui Raya Dalam. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Ibu hamil (bumil) dan lanjut usia (lansia) menjadi sasaran utama vaksinasi Pemkab Kubu Raya selain kelompok masyarakat umum dan lainnya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan vaksinasi bagi bumil dan lansia sangat lah penting mengingat dua kelompok ini juga dinilai rentan terpapar covid-19.

“Oleh karena itu, vaksinasi tidak lagi kita kita pusatkan di satu tempat seperti kantor bupati akan tetapi dilaksanakan setiap desa,” ucapnya.

Hal itu disebutkan Muda, agar muda terjangkau oleh warga masing-masing desa. Disamping itu, menjadi daya tarik bagi warga desa lainnya untuk mengikuti vaksinasi tatkala bersama yang dikenalnya.

“Tentu mereka tidak akan merasa canggung ketika vaksinasi di desa karena sudah merasa kenal. Termasuk bagi bumil dan lansia akan lebih mudah terjangkau karena lebih dekat,” jelasnya.

Baca Juga:

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan menyebutkan hingga saat ini jumlah warga Kubu Raya yang sudah divaksinasi sebanyak 10-an ribu dari sasaran 400-an ribu orang.

“Jumlah itu sudah termasuk untuk dosis pertama dan kedua. Jadi, kurang lebih sepertiganya dari target yang kita harapkan,” terangnya.

Namun Marijan, belum dapat memastikan jumlah target tersebut dapat tercapai hingga akhir tahun ini. Sebab tergantung dari ketersediaan vaksin.

“Tergantung dari ketersediaan vaksin yang didistribusikan ke kita, jika kontinu dan cukup maka insyaallah taget tersebut bisa tercapai hingga akhir tahun ini,” jelasnya.

Sementara jumlah petugas seperti vaksinator ia sebutkan tidak perlu dikhawatirkan karena sudah mencukupi. Apalagi, diatur secara bergiliran di tempat-tempat yang belum mencukupi.(rob)