Description

Ilustrasi HUT Kemerdekaan Menghiasi Google Doodle

HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia ternyata juga mendapat kado spesial dari google
HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia ternyata juga mendapat kado spesial dari google

Jakarta, BerkatnewsTV. HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia ternyata juga mendapat kado spesial dari google.

Mesin pencari terbesar di dunia ini turut merayakannya dengan memberikan ilustrasi di laman gogle doodlenya Selasa (17/8) hari ini.

Kali ini google doodle yang ditampilkan yakni bergambarkan alat musik, tari dan seni rupa yang mewakili budaya dari berbagai daerah di nusantara.

Antara lain alat musik Sasando, Rebana, topeng tari Hudoq, penari kipas Pakarena, Tifa dan Gambus. Selain itu juga dihiasi dengan pola batik dan elemen yang mewakili tiap alat kesenian serta masker yang dikenakan oleh penari dan pemain musiknya bermotifkan batik.

Tampilan Google Doodle bertema Kemerdekaan Indonesia ini dibuat oleh seniman bernama Kathrin Honesta, seorang ilustrator yang berdomisili di Jakarta.

Alat musik asando adalah salah satu alat musik tradisional dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sasando ini merupakan alat musik berdawai tanpa mempunyai cord dan dimainkan dengan cara dipetik dengan menggunakan jari

Rebana adalah gendang berbentuk bundar dan pipih yang merupakan khas suku melayu. Bingkai berbentuk lingkaran terbuat dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing.

Baca Juga:

Hudoq adalah kesenian tarian yang menggunakan topeng dan kostum ungkapan syukur yang digelar oleh sub-etnis Dayak di provinsi Kalimantan Timur.

Penari Kipas Pakarena merupakan tarian tradisional dari daerah Goa, Sulawesi Selatan yang dimainkan di acara-acara yang sifatnya menghibur dan tak jarang juga dilakukan untuk melengkapi upacara adat.

Tifa merupakan alat musik khas Indonesia bagian Timur, khususnya Maluku dan Papua. Alat musik ini bentuknya menyerupai kendang dan terbuat dari kayu yang di lubangi tengahnya.

Gambus merupakan alat musik dari Riau dengan senar yang bentuknya mirip seperti mandolin dan gitar. Bedanya, lubang pada gambus ditutupi menggunakan kulit kambing atau kulit ikan pari.

Tampilan alat musik, tari dan seni rupa yang menghiasi laman google doodle tersebut mengandung makna keberagaman seni dan budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.(erf/tmB)