Pontianak, BerkatnewsTV. Pemprov Kalbar memberikan oksigen gratis bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar covid–19.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harrison mengatakan oksigen gratis ini mulai berlaku Minggu (25/7) besok.

“Jadi mulai besok bapak gubernur Kalbar telah memerintahkan Dinas Kesehatan untuk memfasilitasi pasien yang menjalani isolasi mandiri untuk mendapat oksigen gratis,” jelasnya, Sabtu (24/7).

Untuk mendapatkan oksigen gratis tersebut, Pemprov Kalbar akan memberikan voucer.

“Vuocer ditukar dengan oksigen yang dibawa oleh masyarakat masing-masing. Semoga dapat meringankan beban dalam melakukan isolasi mandiri,” tuturnya.

Harrison sebutkan satu orang pasien yang sedang isolasi mandiri karena covid- 19 mendapatkan jatah 12 kali isi ulang selama 12 hari berturut turut.

“Pemberian 12 kali isi ulang selama 12 hari ini berdasarkan perhitungan bahwa seseorang yang melaksanakan isoman dengan gejala ringan diisolasi selama 10-14 hari,” terangnya.

Baca Juga:

Ada dua tempat di Kota Pontianak untuk mendapat oksigen gratis yakni di PT Baja Sarana Jalan Antasari yang menyiapkan kuota 200 – 300 tabung kecil sehari.

Dan di PD Putra Kalbar Jalan Veteran menyiapkan 50 tabung oksigen sehari.

Sedangkan cara keluarga pasien isoman yang ingin mendapatkan oksigen gratis ini cukup membawa syarat KTP, hasil swab PCR dan nomor ponsel.

Syarat tersebut diberikan kepada petugas Dinkes dan Dinsos yang sudah standby di dua perusahaan tersebut yang akan mencatat untuk memberikan voucer oksigen gratis.

Setelah mendapatkan voucer maka masyarakat bisa langsung mengisi tabung oksigen yang dibutuhkan.(tmB)