Sapi kurban Presiden RI Joko Widodo yang telah tiba di Masjid Nur Ilahi untuk dipotong pada Rabu (20/7) besok dalam rangka Hari Raya Idul Adha.
Sapi kurban Presiden RI Joko Widodo yang telah tiba di Masjid Nur Ilahi untuk dipotong pada Rabu (20/7) besok dalam rangka Hari Raya Idul Adha. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Salah satu sapi kurban dari Presiden RI Joko Widodo diberikan kepada Masjid Nur Ilahi di Desa Sui Kakap Kecamatan Sui Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Sapi jenis limosin dengan berat hampir satu ton ini akan dikurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah. Dan telah diterima pengurus masjid pada Senin (19/7) pagi.

Sapi yang telah berusia 3 tahun 1 bulan ini diternakan oleh Luko Wasito (40) seorang peternak sapi di Desa Rasau Jaya Umum Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya.

Pengurus Masjid Nur Ilahi, Subono mengatakan sapi tersebut akan dipotong pada Rabu (20/7) besok setelah salat Idul Adha oleh panitia yang telah dibentuk.

Untuk penerima disebutkan Subono, akan ada sekitar 500 rumah dan satu pondok pesantren yang mendapatkan sapi kurban presiden.

Baca Juga:

“Penerimanya sekitar 500 rumah di Dusun Garuda Desa Sui Kakap. Kita hitung per rumah, tidak pakai kepala keluarga karena khawatir tidak cukup,” jelasnya.

Sapi kurban presiden ini setelah tiba di Masjid Nur Ilahi akan diberikan minuman air gula merah sebelum diberikan rumput. Agar tetap terjaga kesehatannya hingga esok hari.

“Kita bentuk petugas jaga. Kita lihat kondisi nanti malam, kalau perlu pakai asap, kita kasi asap. Kita jaga 24 jam. Dan pesan peternaknya tadi, 1 jam setelah tiba, dikasi minum air gula merah, sejam lebih kemudian baru boleh dikasi makan rumput,” jelas Subono.

Bahkan, panitia akan berjaga hingga 24 jam untuk memantau perkembangan sapi kurban tersebut.(rob)