Description

Cara Ampuh Mengatasi Laptop Ngelag pada Windows 10

cara ampuh mengatasi laptop ngelag
cara ampuh mengatasi laptop ngelag

BerkatnewsTV –  Cara ampuh mengatasi laptop ngelag pada windows 10? Emang windows 10 bisa ngelag? Ups, sebuah sistem tentu akan memiliki masalah tersendiri, begitu juga sistem operasi windows 10 tidak menjadikan windows ini tidak memiliki kekurangan atau masalah seperti ngelag pada sistem.

Windows 10 adalah sistem operasi versi terbaru dari microsoft saat ini. Meskipun windows ini lebih baik dari windows sebelumnya, Windows ini merupakan sistem yang dikembangkan dari windows sebelumnya dan awal diumumkan pada tanggal 30 september 2014. Windows 10 kemudian resmi dirilis pada tanggal 29 Juli 2015.

Ada banyak cara untuk memperbaiki kinerja laptop pada windows 10 agar kinerja laptop kembali normal dan tidak mengalami ngelag atau lemot.

Salah satu penyebab windows 10 lemot atau ngelag disebabkan banyaknya sampah pada sistem yang tidak pernah dibersihkan. Untuk lebih jelasnya dapat anda baca penjelasan dibawah ini.

Simak pembahasan berikut dan cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi ngelag / lemot pada laptop dengan sistem operasi windows 10.

Update Windows 10

Banyak yang menganggap tidak pentingnya melakukan update windows secara berkala dan menganggap hal ini remeh. Apakah anda termasuk pengguna laptop yang berfikir bahwa update secara teratur itu tidak penting? Jika iya, sebaiknya anda harus merubah pemikiran seperti ini.

Pada teknologi melakukan update atau memperbarui sistem operasi itu sangat penting, agar sistem operasi anda berkembang dan bekerja lebih optimal lagi. Jadi jangan anggap remeh

Windows 10 sering melakukan update pada sistem, hal ini dilakukan bukan tidak ada sebab, hal ini karena untuk meningkatkan sistem kinerja dan memperbaiki bug yang dapat menyebabkan lambatnya kinerja pada sistem operasi windows 10 ini.

Jika anda selalu update laptop anda dengan mengikuti update setiap sistem operasi windows memberikan updatean terbarunya, maka laptop atau sistem windows anda akan memiliki kinerja yang bekerja lebih baik dan cepat.

Menutup aplikasi ( Cara ampuh mengatasi laptop ngelag pada windows 10 )

menutup aplikasi pada laptop saat tidak digunakan lagi bisa membantu laptop atau sistem kerja windows menjadi lebih baik. Banyaknya aplikasi yang terbuka dapat menyebabkan kinerja laptop melambat atau ngelag.

Aplikasi yang masih terbuka dan tidak segera ditutup saat tidak digunakan akan bekerja dibelakang layar dengan memakai sistem operasi yang ada pada laptop dan akan membuat kinerja melambat saat anda menjalankan sistem aplikasi yang lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut dapat anda pastikan selalu menutup aplikasi jika tidak lagi digunakan dan kondisi laptop anda akan bekerja segera normal sehingga sistem aplikasi yang anda jalankan akan terasa lancar.

disk cleanup ( Cara ampuh mengatasi laptop ngelag pada windows 10 )

Disk Cleanup dapat and andalkan dalam membantu meningkatkan kinerja pada windows, disk cleanup ini mampu menghapus file yang menumpuk dan file sementara yang ada pada laptop anda yang tidak anda inginkan.

Berikut langkah atau cara untuk melakukan disk cleaup dengan cukup mudah pada perangkat laptop anda agar sampah file atau dokumen yang tidak penting dapat anda hapus dari sistem.

  • Pilih menu Start, lalu pilih All Programs
  • Masuk ke menu Accesories
  • Kemudian pilih System Tools
  • Cari Disk Cleanup lalu klik
  • pilih local disk C
  • Pilih file yang akan dihapus
  • klik Ok untuk menghapus file
  • Kemudian, klik tombol Delete Files
  • Selesai

Restart Laptop ( Cara ampuh mengatasi laptop ngelag pada windows 10 )

Restart laptop dapat membantu agar sistem operasi windows 10 tidak ngelag? Emang bisa?

Restart laptop juga dapat membantu kinerja sistem operasi pada windows. Jika anda telah lama menggunakan laptop dan bekerja dengan laptop setiap harinya, maka anda harus wajib melakukan restart laptop.

Tidak ada salahnya jika anda restart sebentar laptop agar memperbaiki kinerja laptop tetap optimal. Restart laptop cukup mudah dan cepat tidak memakan waktu anda berjaman loh.

Yang perlu anda lakukan sebelum anda restart laptop, pertama kali pastikan semua aplikasi atau program yang anda jalankan sudah dalam keadaan tertutup agar tidak menyebabkan laptop anda menjadi lemot dan rusak ya.

Kemudiah lakukan refresh sebelum anda restart laptop untuk menampilkan dokumen atau data file pada tampilan desktop agar yang anda lakukan sebelumnya ada pada tampilan desktop dan lainnya.

Hapus Fragmented File ( Cara ampuh mengatasi laptop ngelag pada windows 10 )

Apasih fragmented file? yaitu, file yang ada pada ruang penyimpanan yang tidak bekerja secara efektif dan mengakibatkan pemakaian ruang penyimpanan dan mengurangi kapasistas ruang penyimpanan yang tersedia.

Menghapus Fragmented File juga dapat menjadi cara ampuh mengatasi laptop ngelag pada windows 10 agar alptop bisa bekerja dengan kinerja yang baik dan normal.

Pada laptop biasanya folder data file atau dokumen dibagi menjadi banyak bagian dengan tempat penyimpanan yang berbeda. Hal ini dapat menjadi salah satu sumber penyebab fragmentasi file.

Langkah yang perlu anda lakukan yakni, anda dapat membersihkan atau menghapus data file atau dokumen ini.

Langkah pertama anda masuk ke halaman atau menu pencarian Windows, kemudian scroll dan pilih menu drive defragmentasi dan pengoptimalan pada halaman ini.

Setelah ketemu anda dapat memilih dan klik menu Analisis pada drive yang ingin Anda deteksi dan bersihkan.

Kemudian, pilih dan klik Optimalkan untuk menghapus data file atau data dokumen yang terdeteksi sebagai File terfragmentasi atau fragmented file.

3. Matikan Aplikasi atau program saat Booting

Windows 10 bisa menjadi ngelag dapat disebabkan banyaknya aplikasi yang berjalan sendiri otomatis saat laptop dihidupkan. Aplikasi yang berjalan sendiri ini dapat juga disebut dengan aplikasi yang berjalan saat booting.

Untuk meningkatkan kinerja saat booting pada Windos 10 anda bisa melakukan batasan aplikasi apa saja yang anda inginkan bekerja atau berjalan saat booting.

Langkah yang dapat anda lakukan sangat mudah, pertama buka Task Manager pada perangkat laptop. Kemudian, pilih tab Startup dan anda dapat melihat aplikasi atau program apa saja yang bekerja dan berjalan pada menu startup ini.

Anda juga dapat melihat ukuran kapasitas yang dipakai oleh aplikasi / program yang dipakai oleh applikasi yang berjalan sendiri atau berjalan secara otomatis saat laptop dihidupkan.

Pada menu startup anda  dapat melihat performa kinerja sistem operasi pada laptop.

Kesimpulan

Itulah beberapa pembahasan mengenai cara ampuh mengatasi laptop ngelag pada windows 10. Dengan pembahasan diatas dapat anda lakukan dan terapkan pada laptop anda agar mengembalikan kinerja laptop seperti sediakala.

Demikian pembahasan mengenai cara ampuh mengatasi laptop ngelag pada windows 10 semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam masalah laptop ngelag atau lamot. Semoga artikel ini bisa membantu anda dan bermanfaat bagi anda. Terimakasih.