Description

Bermodalkan Rp1 Juta, Hanif Keliling Indonesia Mengenal Aneka Ragam Budaya

Muhammad Hanif Kusuma alias Pakcek saat singgah di Kota Sanggau, Minggu (23/5).
Muhammad Hanif Kusuma alias Pakcek saat singgah di Kota Sanggau, Minggu (23/5). Foto: pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Hanya bermodalkan uang Rp 1 juta, Muhammad Hanif Kusuma atau yang akrab disapa Pakcek (22) nekad mengelilingi indonesia.

Tak jarang Ia terpaksa harus bekerja serabutan untuk menutupi kekurangan uang selama menjelajahi Indonesia.

Putra asli Jombang yang bermukim di Sorong Papua itu sejak kecil memang bercita-cita ingin mengelilingi Indonesia. Keragaman adat dan budaya yang Ia kenal dibangku sekolah melalui pelajaran sejarah, semakin mendorong adrenalinnya mengelilingi Indonesia.

“Sejak saya sekolah, saya memang menyukai pelajaran sejarah. Sejak itulah saya ingin melihat secara langsung budaya yang ada di tanah air. Saya tidak suka teori, saya ingin langsung melihat keanekaragaman budaya yang ada di seluruh Nusantara,” kata Hanif saat singgah di Kota Sanggau, Minggu (23/5).

Baca Juga:

Diceritakan Hanif, beragam adat dan budaya yang Ia lihat selama diperjalanan semakin menambah kecintaannya terhadap tanah air.

“Indonesia ini memang luar biasa kaya dengan adat dan budaya. Di Sanggau yang saya singgahi sekarang itu juga luar biasa. Penduduknya sangat ramah dan bersahabat. Saya senang singgah di Sanggau. Apalagi budaya dayak dan melayu yang menjadi budaya yang dianut sebagian besar masyarakat Sanggau ini, sangat luar biasa,” akunya.

Hanif menceritakan bahwa mulai mengelilingi Indonesia sejak bulan Oktober 2019.

“Kalimantan ini sangat luas. Luasnya kurang lebih Jatim dan Jabar. Makanya agak lama mengelilingi Indonesia. Hari ini target saya harus sampai ke Kapuas Hulu. Akhir tahun saya targetkan sudah sampai di Sulawesi,” ungkapnya.

Disinggung kapan berakhir petualangannya, Hanif mengaku belum berani memastikan.

“Belum tahu saya. Sebenarnya si saya sudah sangat rindu dengan keluarga di rumah,” pungkas Hanif yang mengaku belum menikah tersebut. (pek)