Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sanggau Sarimin Sitepu
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sanggau Sarimin Sitepu

Sanggau, BerkatnewsTV. Rencana masuk sekolah seperti biasa atau pembelajaran tatap muka terbatas diwacanakan dimulai pada Juli 2021 mendatang. Namun sebelum dilaksanakan, para tenaga pendidik harus divaksin Covid-19 terlebih dahulu.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sanggau Sarimin Sitepu mengakui saat ini belum ada kebijakan khusus terkait vaksinasi Covid-19 bagi tenaga pendidik di Bumi Daranante, julukan Kabupaten Sanggau.

“Direncanakan khusus belum ada, karena terkait dengan ketersediaan vaksin yang diterima. Untuk yang sekarang tetap kita melakukan vaksinasi terhadap pelayan publik, termasuk di dalamnya guru. Namun demikian kita menunggu kebijakan berikutnya, setelah vaksin berikutnya datang,” ungkapnya, Minggu (4/3).

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau Sudarsono menyebut, pemerintah membolehkan satuan pendidikan melakukan pembelajaran tatap muka terbatas pada tahun ajaran baru pada Juli 2021.

Baca Juga:

Ia mengatakan, kebijakan ini berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di masa Covid-19.

Menurut Sudarsono, pemerintah daerah diminta untuk segera melakukan vaksinasi terhadap tenaga pendidik. Karena aktivitas pembelajaran tatap muka terbatas akan dilakukan setelah vaksinasi terhadap tenaga pendidik di seluruh jenjang selesai dilakukan, baik negeri maupun swasta.

“Terkait vaksinasi untuk tenaga pendidik ini, pemerintah menargetkan selesai pada akhir Juni 2021. Vaksinasi tenaga pendidik ini menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam upaya akselerasi pembelajaran tatap muka,” ujar Sudarsono.(pek)