Description

Peran Pemuda Strategis Menjaga Pancasila dan NKRI

Seminar reorientasi nilai-nilai Pancasila digelar HMI Sanggau
Seminar reorientasi nilai-nilai Pancasila digelar HMI Sanggau. Foto: pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Sanggau menggelar seminar kepemudaan, Senin (29/3) bertemakan reorientasi nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda Sanggau.

“Pancasila sebagai sebuah ideologi bangsa harus dijaga bersama-sama. Pemuda punya peran yang strategis dan penting agar regenerasi pancasilais tidak sekedar tahu, tetapi juga harus memahami dan menghayati apa yang menjadi ideologi bangsanya,” ungkap Ketua Tim Formatur HMI Sanggau, Peniyuliani.

Ia sebutkan HMI mengundang OKP lainnya untuk duduk satu meja bicara soal nilai-nilai sebagai usaha mengembalikan nilai-nilai tersebut pada esensinya agar tidak tergerus dengan modernisasi. Salah satunya akibat dampak teknologi.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Sanggau Rizma Aminin menyebut dari hal-hal kecil yang berkenaan dengan Pancasila sebagai ideologi membutuhkan implementasi yang ril.

Baca Juga:

Sehingga pemahaman terhadap Pancasila tidak hanya dalam konteks kognitif semata, tetapi juga telah mampu mencapai tingkatan afektif dan psikomotorik.

Dikatakannya, ada tujuan yang sama dalam membangun sebuah negara. Dalam konteks keindonesiaan, tujuan yang sama dalam bingkai Pancasila menjadi landasan awal masyarakat Indonesia untuk mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Sekwan, Ignatius Irianto menyampaikan bahwa Pancasila sejatinya sebagai saripati dari nilai-nilai kebaikan yang diyakini sebagai bentuk filosofi bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kapolres Sanggau, AKBP Raymond Marcellino Masengi juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada HMI yang telah menginisiasi kegiatan tersebut.

Hal tersebut sekaligus dapat menjadi contoh bagi organisasi kepemudaan lainnya di Sanggau untuk eksis dalam menjaga keutuhan Indonesia dan memperkokoh eksistensi Pancasila sebagai ideologi bangsa. (pek)