Anggota DPRD Sanggau, Yuvenalis Krismono
Anggota DPRD Sanggau, Yuvenalis Krismono

Sanggau, BerkatnewsTV. Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Yuvenalis Krismono mengajak masyarakat untuk tidak takut divaksin Covid-19.

“Saya sudah disuntik vaksin dan baik-baik saja. Pak Bupati, pak Wakil Bupati, kepala OPD, forkopimda, dan banyak orang juga sudah divaksin. Mereka juga baik-baik saja, aman. Dan vaksin yang dipakai sama. Jadi masyarakat jangan takut,” pintanya, Rabu (24/3).

Ia mengatakan, vaksinasi Covid-19 tidak menimbulkan efek samping serius. Hal itu dapat dilihat selama pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sanggau, semuanya baik-baik saja. Tidak ada temuan kasus yang mengeluhkan usai divaksin.

Ketua Umum Pemuda Dayak Kabupaten Sanggau (PDKS) ini juga mengingatkan, penerapan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.

Baca Juga:

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting mengatakan, sedikitnya 80 persen atau sekitar 378.000 warga Kabupaten Sanggau harus disuntik vaksin Covid-19. Jumlah warga itu diperlukan untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok di Bumi Daranante, julukan Kabupaten Sanggau.

Ia mengungkapkan, saat ini pelaksanan vaksinasi sudah masuk tahap kedua termin I dan kemudian termin II. “Selesai nanti vaksinasi pelayanan publik ini yang jumlahnya mencapai 27 ribu orang, baru kita masuk ke termin III sesuai arahan Kemenkes. Termasuklah masyarakat di dalamnya,” jelas Ginting.

Pelaksanaan vaksinasi termin III ini, ia menyebut, diprediksi dilaksanakan pada Mei 2021 mendatang.

“Target kita sama dengan target pemerintah pusat, yaitu untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok 80 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Sanggau. Jadi kalau dihitung-hitung sekitar 378.000 orang harus divaksin di Kabupaten Sanggau,” jelasnya.(pek)