Ketua PWI Kalbar Gusti Yusri
Ketua PWI Kalbar Gusti Yusri

Pontianak, BerkatnewsTV. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalbar bekerja sama dengan Dewan Pers menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

UKW akan dilaksanakan di Hotel Aston Pontianak selama dua hari, Sabtu (27/2) hingga Minggu (28/2).

Ketua PWI Kalbar Gusti Yusri mengaku terkejut animo para jurnalis untuk mengikuti UKW sangat tinggi.

“Namun kita membatasi peserta karena masih dalam situasi pandemi covid-19. Sehingga peserta yang akan mengikuti UKW hanya dibatasi 50 orang,” jelasnya kepada BerkatnewsTV, Kamis (25/2).

Yusri juga memastikan penyelenggaraan UKW tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Dimana setiap peserta sebelum masuk ruangan wajib tes swab antigen, menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan serta menjaga jarak.

Baca Juga:

Ia sebutkan, ada tiga tingkayan yang akan diikuti peserta yakni tingkat muda, madya dan utama. Tingkat muda akan dibagi menjadi tujuh kelas sedangkan tingkat madya dan utama masing-masing satu kelas.

“Masing-masing kelas akan diawasi oleh penguji. Sedangkan materi ujian erat kaitan dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), UU Pers maupun proses liputan dan penerbitan berita,” jelasnya.

Sebelum UKW, disebutkan Yusri, para peserta diwajibkan mengikuti zoom meeting pelatihan dan seminar tentang anak yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI waktu lalu.

“Kedua agenda tersebut diantara mencakup materi yang akan diuji pada UKW nanti,” jelas Gusti Yusri yang juga Raja Tayan.

Yusri berharap para peserta UKW dapat mengikuti ujian dengan serius sebab selain menambah wawasan, juga menjadikan wartawan tersebut berintegritas dan berkualitas.

Diketahui, UKW juga pernah diselenggarakan PWI Kalbar di tahun 2017 lalu bekerja sama dengan Dewan Pers. Namun animo peserta tidak seramai UKW tahun ini.(rob)