Asistensi lima desa persiapan untuk dipaparkan ke Dirjen Bina Desa Kemendagri
Asistensi lima desa persiapan untuk dipaparkan ke Dirjen Bina Desa Kemendagri. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Lima desa baru di Kubu Raya akan mempresentasikan profil desa maupun persyaratan pemekaran desa ke Kemendagri untuk mendapatkan kode desa.

Lima desa tersebut yakni Desa Sukulanting dan Desa Permata Jaya pemekaran dari Desa Sui Asam di Kecamatan Sui Raya. Desa Padi Jaya pemekaran dari Desa Kubu Padi di Kecamatan Kuala Mandor B.

Serta Desa Rengas Kapuas pemekaran dari Desa Sui Rengas dan Desa Parit Keladi pemekaran dari Desa Sui Kakap. Kedua desa ini terletak di Kecamatan Sui Kakap.

“Untuk itu tadi dilakukan evaluasi dan review terhadap lima desa ini untuk dipersiapkan ke kemendagri. Dua lagi yang akan dilengkapi yaitu foto dan undangan musdes pemekaran desa,” jelas Wakil Ketua Komisi I DPRD Kubu Raya, Jainal Abidin, Rabu (24/2).

Disebutkan Jainal, kelima desa ini akan bersaing dengan 300 desa lain di seluruh Indonesia guna mendapatkan giliran presentasi ke Dirjen Bina Desa Kemendagri.

“Jika nanti sudah dipresentasikan ke Kemendagri maka lima desa ini akan mendapatkan kode desa. Mudah-mudahan bulan Maret kode desa ini sudah keluar,” harapnya.

Baca Juga:

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kubu Raya, Jakariansyah mengatakan memang ada beberapa item yang harus diperdalam lagi datanya.

“Misalnya seperti undangan dan dokumentasi musdes. Hal-hal kecil ini yang akan dilengkapi karena pengalaman desa lain di NTB juga ditanya tim.” tuturnya.

Saat ini sambung Jakariansyah tinggal menunggu panggilan dari Kemendagri. Sebab masih ada 300 desa lain di Indonesia juga menunggu hal yang sama untuk mendapatkan kode desa.(rob)