TIM SAR gabungan yang telah berhasil selamatkan penumpang KMP Bili yang terbalik di dermaga penyeberangan Tebas
TIM SAR gabungan yang telah berhasil selamatkan penumpang KMP Bili yang terbalik di dermaga penyeberangan Tebas. Foto: ist

Sambas, BerkatnewsTV. Sebanyak 94 orang korban KMP Bili berhasil dievakuasi oleh TIM SAR gabungan. Operasi SAR dilakukan sejak kapal tersebut terbalik pada Sabtu (20/2) siang.

KMP Bili terbalik saat akan bersandar di dermaga penyeberangan Perigi Piai Kecamatan Tebas di Kabupaten Sambas.

“Dari hasil pendataan di lokasi hingga saat ini penumpang dan awak kapal berhasil selamat, terdapat 79 orang penumpang dan 15 awak kapal,” Kepala Kantor Basarnas Pontianak Yopi Haryadi, Minggu (21/2) .

Selain orang, KMP Bili juga mengangkut barang dan kendaraan terdiri 11 unit kendaraan roda enam, 2 unit roda empat dan 40 unit roda dua.

Yopi mengatakan operasi pencarian dan pertolongan (SAR) telah dihentikan

Baca Juga:

“Malam ini pukul 20.45 WIB operasi SAR sudah resmi dihentikan, sebelumnya sudah dilakukan koordinasi bersama pihak terkait dan setelah melakukan validasi data bahwa jumlah penumpang  yang selamat sudah sesuai dengan data awal manifest kapal” terangnya.

Setelah penyelamatan penumpang, Basarnas Pontianak akan menurunkan tim saat proses recovery posisi kapal.

“Saat kapal sudah distabilkan kami akan menurunkan tim untuk mengecek apakah benar sudah tidak terdapat korban dalam peristiwa ini, kami juga tetap melakukan pemantauan dan koordinasi dengan unsur terkait,” jelasnya.

Unsur yang terlibat dalam Operasi SAR ini antara lain Tim Rescue Pos Sar Sintete, Polair Sambas, Bakamla Sambas, KSOP Sintete, SROP Sintete, Posmat AL Pemangkat, Puskesmas Tebas serta dibantu warga setempat.(wes/tmB)