Bupati Kubu Raya saat menyerahkan simbolis bibit pohon kepada salah satu kepala desa disela Musrenbang RKPD Kecamatan Teluk Pakedai.
Bupati Kubu Raya saat menyerahkan simbolis bibit pohon kepada salah satu kepala desa disela Musrenbang RKPD Kecamatan Teluk Pakedai. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Bupati Kubu Raya menyatakan akan memperkuat kembali potensi pertanian dan perkebunan rakyat di Kecamatan Teluk Pakedai.

Apalagi ditengah pandemi covid-19 saat ini, dua potensi ini merupakan tulang punggung ekonomi keluarga dan daerah dalam menjaga ketahanan pangan.

“Sektor pangan ini sangat urgen sekali di tengah pandemi karena ini akan meresahkan masyarakat jika mengalami kekurangan. Untuk itu kita siap membantu jika ada pencadangan untuk perluasan areal pertanian di Teluk Pakedai,” kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan disela Musrenbang RKPD Kecamatan Teluk Pakedai, Selasa (16/2).

Baca Juga:

Termasuk sektor perkebunan rakyat menurut Muda juga memiliki nilai tambah yang sangat penting untuk peningkatan ekonomi. Ia mencontohkan kelapa dalam, kelapa hibrida dan pinang.

Bahkan sayur mayur menurut Muda sangat berpeluang besar untuk digalakan di Kecamatan Teluk Pakedai. Sebab pemasarannya bisa dijual ke pasar di Rasau Jaya atau Flamboyan Pontianak. Apalagi jika nanti infrastruktur diperbaiki.

“Sistem pemasarannya akan diatur. Jangan juga semuanya dibawa keluar paling tidak sisakan 30 persen untuk diolah kembali menjadi bahan kuliner. Ini juga sangat penting,” tuturnya.

Teluk Pakedai dikenal sebagai salah satu kecamatan di Kubu Raya yang memiliki potensi perikanan selain bubidaya peternakan sarang burung walet.(rob)