Description

Ponton CPO Tabrak Fender Jembatan Semuntai

Kapal TB Anak Laut 188 sempat berusaha menarik ponton yang menabrak tiang fender Jembatan Semuntai.
Kapal TB Anak Laut 188 sempat berusaha menarik ponton yang menabrak tiang fender Jembatan Semuntai. Foto: ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Ponton BG BM V Pengangkut CPO menabrak tiang fender pengaman jembatan Semuntai Kecamatan Mukok pada Sabtu (16/1) dini hari.

Akibat peristiwa tersebut, tiang bercat kuning yang berfungsi mengamankan pagar utama Jembatan tersebut rusak berat.

“Kejadiannya tadi pagi sekitar pukul 04.00 WIB,” kata Kaposek Mukok, IPTU Supriyanto, Sabtu (15/1).

Kronologis kejadian dikatakan Kapolsek, pada hari Kamis (14//1) Kapal TB Anak Laut 188 berangkat dari PT. Riau Agrotama Plantation Nanga Silat Kabupaten Kapuas Hulu dengan menggandeng Ponton BG BM V yang bermuatan CPO sebanyak 2 ribu ton menuju Pontianak.

Hari Jumat (15/1) sekira pukul 23.00 Wib Kapal TB Anak Laut 88 berikut Ponton BG BM V bertambat tali dan jangkar di tepian Sui Kapuas tepatnya di Dusun Pelaik Desa Semuntai Kecamatan Mukok.

Baca Juga:

“Setelah bertambat, kemudian Kapten Kapal Ria Zainudin dan ABKnya beristirahat. Tanpa disadari ikatan ponton terlepas dan jangkar tidak mampu menahan pergerakan ponton dan kapal, tidak lama kejadian tersebut kapten kapal terbangun menyadari posisi ponton dan kapal sudah hanyut mendekat ke jembatan,” tuturnya.

Kapal TB Anak Laut 188 sempat berusaha menarik ponton untuk menghindari terjadinya tabrakan, namun Kapal TB Anak Laut 188 tidak mampu mengendalikan ponton akibat arus sungai Kapuas yang deras.

Saat ini posisi ponton masih berada dibawah jembatan penyeberangan Semuntai.

“Kaptel Kapal sudah meminta bantuan kepada Kapal TB yang berada di Sanggau untuk membantu menarik ponton tersebut,” pungkasnya. (pek)