Sekda Sanggau meninjau pelaksanaan Pilkades serentak di Tayan Hulu.
Sekda Sanggau meninjau pelaksanaan Pilkades serentak di Tayan Hulu. Foto: ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Secara umum, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 19 Desember 2020 di Kabupaten Sanggau berlangsung aman dan pancar.

Untuk memastikan hal tersebut, Bupati Sanggau melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka, memantau langsung pelaksanaan pemungutan suara pemilihan kepala desa serentak. TPS yang di kunjungi Sekda adalah TPS di Kecamatan Tayan Hulu, Sabtu (19/12)

“Pilkades serentak harus mematuhi protokol kesehatan. Saya bersama tim dari Kemendagri melakukan pemantauan langsung ke TPS untuk memastikan Permendagri 72 itu dijalankan,” kata Kukuh disela meninjau Pilkades di Tayan Hulu, Sabtu (19/12).

Dikatakan Kukuh, dari hasil pemantauan itu, masing-masing TPS sudah menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga:

“Bahkan, tingkat partisipasi pemilih di beberapa TPS yang saya datangi berkisar 80 persen. Ini capaian yang baik, bahwa meskipun kita menggelar pilkades di masa pandemi, masyarakat tetap antusias,” ujarnya.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Pemerintahan Desa ikut memantau pelaksanaan pilkades di Kabupaten Sanggau. Selain menurunkan tim pemantau, Kemendagri juga memonitor pelaksanaan pemungutan suara melalui video confrence.

Tahun 2020, pilkades serentak digelar di Kabupaten Sanggau dan Melawi. Untuk Kabupaten Sanggau, sebanyak 72 desa yang menyelenggarakan pemilihan dengan total jumlah pemilih 141.942 orang yang tersebar di 581 TPS.(pek)