Description

MPP Sanggau Resmi Beroperasi, Layani 248 Jenis Pelayanan

Sekda Sanggau didampingi Bupati dan sejumlah pejabat lainnya meninjau Mal Pelayanan Publik Sanggau.
Sekda Sanggau didampingi Bupati dan sejumlah pejabat lainnya meninjau Mal Pelayanan Publik Sanggau. Foto: pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Mal Pelayanan Publik (MPP) di Sanggau mulai resmi beroperasi Kamis (10/12). Peresmiannya oleh Sekda Kalbar AL Leysandri.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Sanggau, Alipius menyampaikan, ada 248 jenis pelayanan yang tersedia di MPP.

Baik bersifat perizinan maupun non perizinan, dengan rincian pelayanan dari perangkat daerah Sanggau ada 143 jenis pelayanan, pelayanan dari perangkat daerah Provinsi Kalbar ada 1 jenis pelayanan, instansi vertikal ada 30 jenis pelayanan. BUMN/BUMD ada 73 jenis pelayanan.

Sedangkan instansi yang bergabung dalam MPP ini sebanyak 19 instansi dengan rincian instansi vertikal sebanyak 5 instansi, 7 OPD, perangkat daerah Provinsi Kalbar 1 OPD dan BUMN/BUMD ada 6 instansi.

“Tujuan MPP ini adalah untuk mengintegrasikan berbagai layanan yang dilaksanakan oleh seluruh instansi dalam satu tempat atau gedung yang sama dengan cepat, efektif dan efisien,” ungkapnya.

Baca Juga:

Sementara itu, Sekda Kalbar Al Leysandri mengatakan kehadiran MPP selain memangkas birokrasi juga menekan biaya yang dikeluarkan masyarakat ketika berurusan. Masyarakat tidak perlu lagi pergi ke kantor satu ke kantor yang lain.

“Sekarang kita merasakan, kalau urusan tidak banyak biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat. Karena apa yang masyarakat perlukan sudah tersedia di MPP ini. Urusan kesehatan, urusan bayar pajak bisa di sini. Ini sesuai dengan harapan bapak Presiden,” ungkap Leysandri.

Ia berharap pelayanan di MPP Kabupaten Sanggau ini bisa lebih dimaksimalkan. Urusan minimal paling lama satu hari.

“Pak Gubernur paling alergi misalnya kalau urusan sederhana bisa diperlambat sampai satu hari, beliau minta selesaikan satu jam,” imbuhnya.

Agar pelayanan semakin prima, Leysandri meminta agar kapasitas MBps di MPP diperkuat.

“Internet, MPbs-nya harus diperkuat. Menggunakan fiber optic, biar cepat. Mudah-mudahan Sanggau bisa tampil beda, karena kemarin Sanggau dapat DID. Ini diapresiasi oleh pak Gubernur, Sanggau menjadi daerah ketiga yang memiliki MPP,” ucapnya.

Bupati Sanggau Paolus Hadi mengatakan waktu bisa lebih cepat. Orang datang ke sini satu hari, bisa menyelesiakan urusannya di dua sampai tiga tempat dalam satu tempat.

“Saya imbau masyarakat manfaatkan betul MPP ini. Datang langsung ke sini,” imbaunya.(pek)