Kepala Kejari Sanggau, Tengku Firdaus
Kepala Kejari Sanggau, Tengku Firdaus

Sanggau, BerkatnewsTV. Memperingati hari anti korupsi sedunia yang jatuh setiap tanggal 9 Desember, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sanggau Tengku Firdaus mengajak seluruh elemen masyarakat Sanggau dan pemerintah untuk senantiasa peduli dan turut serta memberantas perkara korupsi.

Tengku mengaku memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah memberikan laporan dugaan tindak pidana korupsi.

“Kita apresiasi laporan yang disampaikan masyarakat. Sebagian besar laporan yang kita terima itu didominasi dugaan penyelewengan dana ADD. Ada beberapa yang sekarang sedang kita telusuri dan masih kita pelajari dokumen – dokumen dan permintaan keterangan di lapangan. Tapi ada juga laporan yang setelah kita tindaklanjuti di lapangan ternyata tidak benar dan kita tutup,” kata Tengku ditemui dikantornya, Rabu (9/12).

Tengku menyebut, kasus dugaan korupsi di Sanggau cenderung mengalami peningkatan kasus.

Baca Juga:

“Ada peningkatan. Peningkatan ini mungkin karena masyarakat sudah mulai peduli dengan perkara korupsi ini. Kalau dulu mungkin kurang peduli tapi sekarang sudah mulai peduli. Terakhir ini memang cukup banyak laporan yang masuk ke kita, dan tidak semua laporan yang masuk bisa kita tingkatkan statusnya, ada beberapa syarat disitu diantaranya pelapornya jelas, mau memberikan keterangan dan mau memberikan bukti – bukti yang berkaitan dengan dugaan laporan dugaan perkara korupsi.

Kepada aparatur negara, Tengku mengajak untuk menghindari prilaku korupsi dan jangan lagi melakukan perbuatan – perbuatan yang mencederai hak masyarakat. Lakukan pekerjaan sesuai kewenangan yang diatur dalam Undang – undang.

“Selama melakukan pekerjaan dengan prosedur dan mekanisme yang benar tidak perlu takut dengan adanya laporan dari masyarakat. Sebagai aparat penegak hukum kami tidak berhak menolak pengaduan yang masuk. Jadi kami mohon kepada orang (ASN) yang kami panggil untuk klarifikasi membantu kami dengan data – data yang kami butuhkan, Hadir saja kalau dipanggil, berikan kami data – data sehingga masalahnya cepat selesai,” pintanya. (pek)