Bantuan beras yang akan disalurkan kepada masyarakat korban banjir di Kecamatan Sui Ambawang.
Bantuan beras yang akan disalurkan kepada masyarakat korban banjir di Kecamatan Sui Ambawang. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Kabupaten Kubu Raya telah mengeluarkan status darurat bencana batingsor (banjir, puting beliung dan longsor) dampak fenomena La Nina.

“Status darurat batingsor ini telah dikeluarkan bapak Bupati Kubu Raya sejak tanggal 7 September 2020 lalu,” ungkap Kepala BPBD Kubu Raya, Moktar.

Maka sambung dia, pihaknya bersama SKPD terkait juga telah menyatakan kesiapannya untuk menghadapi bencana batingsor yang bisa datang tiba-tiba di beberapa daerah di Kubu Raya.

Ia mencontohkan banjir yang melanda beberapa desa di Kecamatan Sui Ambawang seperti Desa Lingga, Desa Bakung Kuala, Desa Bakung Kuala Persiapan termasuk Desa Retok di Kecamatan Kuala Mandor B.

Baca Juga:

“Kita telah mempersiapkan bantuan-bantuan untuk warga jika suatu saat dibutuhkan secara mendadak. Seperti beras sudah stand by yang disiapkan oleh dinas terkait,” tuturnya.

Banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Sui Ambawang waktu lalu mengakibatkan rumah 2.758 Kepala Keluarga terendam air. Akibatnya warga kesulitan bahan pangan seperti beras.

Bantuan yang disalurkan Pemkab Kubu Raya melalui BPBD lewat Camat Sui Ambawang sekitar lima ton untuk dibagikan secara merata kepada masyarakat terdampak banjir.(rob)