Description

MABM Sanggau Rekrut Milenial

Pengukuhan pengurus MABM Sanggau akhir minggu kemarin.
Pengukuhan pengurus MABM Sanggau akhir minggu kemarin. Foto: ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Sanggau menyatakan akan merekrut kaum milenial untuk duduk dalam kepengurusan.

“Melibatkan anak-anak muda sudah pasti. Sebagian besar kami pilih sebagai formatur tunggal, saya dengan Pangeran Ratu, kami memilih memang yang muda-muda,” tegas Ketua MABM Sanggau Budi Darmawan.

Namun Budi memastikan tidak juga meninggalkan yang tua-tua akan tetapi ditempatkan di Dewan Penasehat sebagai orang yang berpengalaman menerima masukan atau nasehat dari para sesepuh.

Pernyataan itu disampaikan Budi setelah ia terpilih kembali secara aklamasi memimpin MABM Sanggau periode 2020-2025 di Musda IV MABM Sanggau pada Sabtu (31/10) yang berlangsung di Keraton Surya Negara Sanggau.

Baca Juga:

“Kita akan memperkuat kepengurusan dulu. Artinya bagaimana kita sama-sama bekerja. Mungkin dalam tahap awal ini, sesuai audiensi kita dengan pak bupati, kita akan memanfaatkan Rumah Melayu yang telah disediakan. Akan kita fungsikan dalam waktu dekat ini kita akan melaksanakan paripurna seluruh kepengurusan yang barusan dikukuhkan nanti,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Umum DPP MABM, Chairil Effendy berharap MABM Sanggau dapat bekerja sebaik-baiknya.

“Kerjakan hal-hal yang kongkret saja, sederhana, yang dapat dilakukan. Dan saya mengajak, libatkan anak-anak muda. Anak-anak muda sekarang ini kreatif. Kreativitas mereka lebih tinggi. anak-anak muda ini sangat akrab dengan teknologi modern,” ujarnya.

Dikatakan Chairil, teknologi bukan musuh. Teknologi hanya alat (just tool). Sedangkan kontennya tergantung yang memanfaatkan teknologi itu.

“Jadi sekarang sebaiknya anak-anak yang pintar itu, memanfaatkan media sosial justeru mengenalkan kearifan-kearifan lokal. Cerita-cerita rakyat, itu bisa diangkat melalui media sosial. Dan cepat sekali terkenal di seluruh dunia,” ungkapnya. (pek)