Aktifitas PETI di Sungai Kapuas Desa Nanga Biang Kecamatan Kapuas.
Aktifitas PETI di Sungai Kapuas Desa Nanga Biang Kecamatan Kapuas. Foto: ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Pangeran Ratu Istana Surya Negara Sanggau H. Gusti Arman meminta aparat kepolisian menghentikan aktifitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Sungai Kapuas Desa Nanga Biang Kecamatan Kapuas.

Menurut Gusti Arman, aktifitas PETI tersebut tidak hanya berpotensi menyebabkan bukit ambruk tapi juga merusak lingkungan dengan limbah mercuri yang tak terkontrol di Sungai Kapuas.

“Terlepas dari ada orang kaya atau pemodal di belakangnya. Semestinya harus diberantas. Saya pikir pemodalnya bukan orang Sanggau besar kemungkinan orang kaya di luar Sanggau. Apalagi saya dengar tidak ada warga setempat yang dilibatkan,” pungkasnya.

Baca Juga:

Gusti Arman mengungkapkan, aparat jangan tutup mata melihat aktifitas PETI yang merajalela di Sanggau. Apalagi keberadaan mereka mengancam nyawa warga Sanggau.

“Saran saya kepada polisi harus cepat dan tanggap dan sesegera mungkin memberantas dan menyetop PETI tersebut. Kalau dibiarkan, saya curiga ada oknum yang ikut bermain,” ujar Raja dengan nada curiga.

“Kalau masyarakat setempat yang melakukan pekerjaan PETI, aparat segera dan tanggap menyetop dan merazia kegiatan tersebut, tapi kalau skala besar seperti ini kok lambat, ada apa,” tanya Pangeran Ratu menambahkan. (pek)