Description

Sehari Sampah di Sanggau Capai 235 Ton

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Didit Richardi
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Didit Richardi

Sanggau, BerkatnewsTV. Dinas Lingkungan Hidup (Dinas LH) Kabupaten Sanggau mencatat jumlah sampah yang ada di kota itu mencapai 235 ton per hari.

“Untuk volume sampah yang dihasilkan per hari di Kabupaten Sanggau mencapai 235,11 ton dengan jumlah sarana dan prasarana sebanyak 18 dum truck, 3 Arm roll dan 1 eksavator,” ungkap Kepala Dinas LH Sanggau Didit Richardi, Kamis (15/10).

Anggaran yang dialokasikan ia sebutkan Rp8,3 miliar, Rp 3,6 miliar diantaranya untuk tenaga kontrak dan sisanya untuk operasional teknis.

“Kecil sebenarnya, dan inipun sudah saya sampaikan ke pak Bupati, beliau maklum dengan kondisi kami,” tutur Didit.

“Untuk satu tahun itu masih kurang. Sampai ke batas kota-ring rood simpang Sanggau Permai menuju Embaong masih belum bisa kita tangani, padahal ring rood itu termasuk tugas kita, belum lagi kita bicara sungai ranas karena itu masuk wilayah Kota, bahkan dari Kompi sampai ke sana (batas Kota) belum bisa kita tangani,” tambahnya.

Baca Juga:

Didit mengungkapkan, ada dua cara pihaknya dalam menangani sampah. Yang pertama adalah melalui countener menggunakan Arm roll.

“Tinggal ditarik menggunakan Arm roll, kita tidak perlu menggunakan tenaga untuk mengumpul sampah, karena sampah itukan sistemnya pengumpulan, pengangkutan dan pembuangan,” ujarnya.

Yang kedua adalah menggunakan dum trcuk. Jika menggunakan dum truck, kata Didit, maka perlu menggunakan tenaga untuk mengangkut sampah karena sistemnya manual, beda dengan Arm roll yang menggunakan mesin.

“Kita punya dum truck yang satu kibik itu, tapi kan ndak bisa kita sebarkan dititik terjauh, khawatirnya tidak terangkut karena menggunakan tenaga bukan mesin. Belum lagi banyak TPS kita yang di dalam Kota sudah rusak sehingga memang perlu peremajaan,,” jelasnya.(pek)