Proses pemakaman pejabat Sudarso yang mengikuti protap covid-19
Proses pemakaman pejabat Sudarso yang mengikuti protap covid-19. Foto: ist

Pontianak, BerkatnewsTV. Seorang pejabat di Rumah Sakit Soedarso Pontianak meninggal dunia akibat covid-19 pada Rabu (23/9) pukul 01.30 wib.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harrison menyebutkan almarhum menjabat sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Dana Fungsional di RSUD Soedarso Pontianak.

“Jadi pekerjaannya tidak berhubungan langsung dengan pasien di Soedarso. Namun almarhum meninggal karena menderita covid yang disertai kormobid yakni diabetes melitus atau kecing manis,” ungkapnya lewat voice confence, Rabu (23/9).

Alharhum sambung Harrison, dirawat di Soedarso sejak tanggal 17 september 2020. Pemulasaran jenazahnya mengikuti protap covid-19 termasuk pemakamannya.

Baca Juga:

“Sehingga total pasien covid-19 di Kalbar yang meninggal dunia ada delapan orang,” tuturnya.

Harrison mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga penyakt kormibid agar tetap terkontrol. Sebab jika tidak terkontrol begitu tertular covid bisa berakibat fatal.

Komorbid adalah penyakit penyerta dalam hal ini penyerta penyakit Covid-19.

Penyakit-penyakit komorbid itu yakni seperti hipertensi, diabetes mellitus, jantung, paru obstruktif kronis, gangguan napas, ginjal, asma, dan kanker.

Satgas Covid-19 nasional mencatat Diabetes mellitus merupakan penyakit penyerta covid-19 kedua dengan tingkat prosentase 34,3 persen setelah hipertensi urutan nomor satu.(rob)