Sejumlah anggota DPRD saat sedang jalani tes swab.
Sejumlah anggota DPRD saat sedang jalani tes swab. Foto: Robby Sejumlah anggota DPRD saat sedang jalani tes swab. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Sejumlah anggota DPRD Kubu Raya menjalani tes swab yang dilakukan petugas Dinas Kesehatan Kubu Raya.

Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Usman menyambut baik tes swab bagi anggota DPRD Kubu Raya. Mengingat semakin hari kasus covid-19 di Kubu Raya terus bertambah.

“Intinya kita siap membantu mengamankan intruksi presiden tentang Protokol Kesehatan. Swab ini memang yang pertama kali sedangkan rapid tes sudah dilakukan waktu lalu, hasilnya nonreaktif,” katanya, Senin (21/9).

Menurutnya, tes swab ini untuk mengetahui apakah ada diantara anggota dewan yang terpapar covid-19 seperti yang telah terjadi di beberapa daerah lainnya.

Baca Juga:

“Lewat tes swab ini lah akan dapat kita tahu untuk mengantisipasi dan mencegah covid-19,” ucapnya.

Disebutkan Usman, lembaga DPRD telah melaksanakan protokol kesehatan sejak awal mulai dari menyiapkan sarana mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan membatasi jumlah peserta rapat serta penyemprotan disinfektan.

Sementara itu Kasi Surveilan, Imunisasi dan Krisis Kesehatan di Dinas Kesehatan Kubu Raya, Siswani mengatakan tes swab dilakukan karena anggota dewan itu termasuk simbol negara sehingga kesehatannya tetap diperhatikan.

“Ada 45 anggota ditambah ASN di Sekretariat DPRD hampir 80 orang sehingga total seratus lebih. Jika ada yang tidak hadir hari ini maka bisa tes swab di setiap puskesmas,” jelasnya.

Disebutkan Siswani sejak dilakukan tes swab lima bulan terakhir ada 130 yang terkonfirmasi positif covid-19. Semuanya menjalani isolasi mandiri dan perawatan.

“Dari jumlah itu hampir mayoritas sudah sembuh. Rata-rata dirawat di rumah sakit yang ada di Pontianak dan Kubu Raya. Kalau yang meninggal selama ini belum ada,” terangnya.(rob)