Kepala Desa di Kubu Raya saat mengikuti rakor tentang tata kelola keuangan desa.
Kepala Desa di Kubu Raya saat mengikuti rakor tentang tata kelola keuangan desa. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kubu Raya memastikan permasalahan pengelolaan keuangan desa di Kubu Raya sudah turun 70 persen sejak menggunakan transaksi nontunai dengan aplikasi Cash Management Sistem (CMS).

“Saya pastikan sudah turun 70 persen tahun ini,” tegas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kubu Raya, Jakaria.

Jika dibandingkan sebelum ada penerapan CMS disebutkannya sering kali didapati berbagai persoalan bahkan temuan dalam tata kelola keuangan desa.

Baca Juga:

Ia akui, yang sangat kacau pada tahun 2015, 2016, 2017 dan 2018 banyak kepala desa bermasalah dalam tata kelola keuangan desa sehingga sejumlah kepala desa diperiksa bahkan dipidana.

“Kalau tata kelola keuangan sudah baik maka tata kelola pembangunan desa juga harus baik. Tidak ada lagi yang menjadi temuan-temuan,” ujarnya.

Namun ia berharap tentu harus dilakukan perbaikan-perbaikan oleh pemerintahan desa dalam pengelolaan keuangan desa sehingga kedepan akan terus lebih baik.(rob)