Description

Catut Nama Karutan, Oknum Wartawan Janjikan WBP Asimilasi

Kepala Rutan Kelas IIB Sanggau, Acip Rasidi saat melapor ke Polres Sekadau.
Kepala Rutan Kelas IIB Sanggau, Acip Rasidi saat melapor ke Polres Sekadau. Foto: ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Kepala Rutan Kelas IIB Sanggau, Acip Rasidi melaporkan ulah oknum yang diduga wartawan salah satu media ke Polres Sekadau.

Oknum wartawan tersebut diduga mencatut nama Kepala Rutan untuk meminta uang ke istri salah seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Sanggau agar bisa diikutkan dalam program Asimilasi dan Integrasi Rumah dari Kememkumham.

“Tanggal 21 Juli 2020 kemarin, salah satu WBP kami lapor sekaligus mengonfirmasi benar atau tidak, bahwa saya meminta uang kepada istrinya melalui oknum wartawan salah satu media di Kalbar agar bisa diikutkan dalam program Assimilasi dan Integrasi Rumah dari Kememkumham,” jelas Acip, Selasa (4/8).

Laporan tersebut ditindaklanjuti pada 22 Juli 2020 dengan meminta keterangan langsung dari istri WBP yang berdomisili di Sekadau. Saat dikonfirmasi istri WBP mengaku dimintai sejumlah uang.

Baca Juga:

“Nilai uang yang diminta, pertama Rp2 juta kemudian Rp3 juta serta beberapa kali oknum wartawan ini minta uang transportasi dari Sekadau ke Sanggau. Uang yang sudah dikeluarkan istri WBP ke oknum ini kurang lebih Rp9 jutaan,” ungkap Acip.

Acip menjelaskan, sampai saat ini WBP yang bersangkutan masih menjalani pembinaan di Rutan Sanggau. Dia menegaskan, tidak pernah meminta uang ke keluarga WBP untuk bisa diikutkan dalam program Assimilasi dan Integrasi Rumah dari Kememkumham.

“Karena kesibukan beberapa minggu terakhir, jadi baru hari ini kami laporkan ke Polres Sekadau. Dalam laporan ini kami sertai juga bukti dugaan penipuan berupa rekaman pernyataan korban dan rekaman pembicaraan antara korban dan pelaku waktu serah terima uang,” pungkasnya.(pek)