Sanggau statusnya berada di zona kuning dengan nol kasus.
Sanggau statusnya berada di zona kuning dengan nol kasus.

Sanggau, BerkatnewsTV. Kasus covid-19 di Kabupaten Sanggau menunjukan perkembangan yang cukup baik. Hari ini statusnya berada di zona kuning dengan nol kasus.

Padahal, sepekan terakhir, Sanggau sempat berada di zona oranye lantaran banyak temuan kasus baru.

“Kita sudah di zona kuning sekarang. Kemarin kan sepekan di zona oranye. Nah, kita kuning, nol kasus,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Sanggau, Ginting, Selasa (28/7) siang.

Namun kata Ginting, tidak serta merta membuat Sanggau berada di zona hijau. Menurutnya, ada 52 indikator dalam penentuan zona oleh pusat.

Jumlah kasus menjadi salah satu indikator, tetapi ada indikator lainnya seperti kedisiplinan, ketertiban dan lain sebagainya.

“Ada 52 indikator yang menentukan. Soal kedisiplinan dan kepatuhan juga menjadi pertimbangan penentuan itu (Zona,red) oleh pusat,” ujarnya.

Baca Juga:

Ginting berharap tidak ada lagi temuan kasus baru di Sanggau. Hal itu, paling tidak membuat masyarakat tidak lagi was-was. Namun, dia tetap mengingatkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan tidak boleh kendor.

“Ini tanggungjawab kita bersama seluruh elemen masyarakat. Kalau kita semua patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan saya yakin kita akan kembali pada kondisi normal,” terangnya. (pek)