desa punggur kecil, warga demo, bantuan langsung tunai, dana desa
Ratusan warga Desa Punggur Kecil Kecamatan Sui Kakap menggelar aksi demo di kantor desa menuntut transparansi Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dinilai tidak tepat sasaran. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Ratusan warga Desa Punggur Kecil Kecamatan Sui Kakap menggelar aksi demo di kantor desa menuntut transparansi Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dinilai tidak tepat sasaran.

“Masih banyak warga miskin Punggur Kecil yang tidak menerima BLT sedangkan yang kondisi ekonominya baik dapat bantuan,” kata Andi Apriadi salah satu warga dalam orasinya, Senin (8/6).

Baca Juga:
* Inspektorat Hingga KPK Awasi Ketat Anggaran Covid-19
* Kades Diintruksikan Perbaiki Data BST

Selain itu diungkapkan Andi, penerima BLT digabungkan dengan tiga desa lainnya saat menerima waktu lalu. “Termasuk dalam penggunaan operasional untuk penanganan covid-19,” katanya.

Ia pun juga menyampaikan delapan point tuntutan lainnya yang disebut nota kesepahaman.

Antara lain transparansi penggunaan ADD dan DD. Kemudian perombakan atau resufle perangkat desa, BPD, karang taruna. Selanjutnya dipilih melalui musyawarah.

Meminta Pemdes membuat website resmi/ informasi digital yang berisikan informasi terbaru tentang desa. Program kerja yang jelas dan diketahui secara detail oleh masyarakat.

Selain itu masyarakat juga meminta kejelasan aset desa, rasionalisasi anggaran yang ditetapkan dalam ABPDes serta meminta libatkan RT dalam penetapan APBDes.

“Terakhir nota kesepahaman ini selambat-lambatnya dapat terlaksana,” bunyi nota kesepahaman itu.(tmB)