Warga di Gang Wonodadi Kota Pontianak yang telah melakukan karantina wilayahnya untuk mencegah penyebaran virus corona. Foto: Ist

Pontianak, BerkatnewsTV. Gubernur Kalbar Sutarmidji membolehkan para Ketua RT atau RW melakukan isolasi atau karantina wilayahnya untuk mencegah penyebaran virus corona.

“RT/RW boleh saudara mengisolasi wilayah saudara masing-masing dengan catatan kebutuhan warga saudara bisa dipenuhi baik dengan bantuan kabupaten/ kota maupun gotong royong,” imbau Sutarmidji yang disampaikan melalui video confrence, Selasa (31/3).

Sutarmidji juga memberikan lampu hijau kepada kepala desa menggunakan ADD dan Dana Desa untuk penanganan virus corona.

“Untuk kades dan kadus saya membolehkan untuk menggunakan dana desa dalam penanganan virus corona tetapi terukur dan bisa dipertanggung jawabkan,” jelasnya

Sutarmidji juga mengintruksikan kepada seluruh camat memberikan sosialisasi dan bantuan kepada masyarakatnya. Termasuk Lurah turut serta membantu di lapangan.

Sutarmidji juga menyayangkan masih ada warga yang mengabaikan imbauan pemerintah daerah agar tidak keluar rumah atau berkumpul di satu tempat. Maka dalam waktu dekat akan dilakukan penutupan beberapa ruas jalan.

“Mungkin dalam beberapa hari kedepan kita akan melakukan pembatasan di jalan-jalan tertentu karena masyarakat kita belum belum disiplin menjaga jarak, mencuci tangan maupun memakai masker. Pakai lah masker secara benar. Mudah-mudahan kita bisa melalui fase ini. Kita harus lawan virus ini jangan sampai merajelal terus di Kalbar,” ia mengingatkan.(rob)