BPW Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kalbar menyiapkan tanki air untuk pencuci tangan di pasar rakyat. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatnewsTV. BPW Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kalbar menyiapkan tanki-tanki air untuk pencuci tangan yang diletakan di sejumlah tempat publik.

Ketua KKSS Kalbar, Burhan mengatakan tanki-tanki untuk pencuci tangan ini dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran virus corona.

“Kita letakan di sejumlah tempat yang strategis yang bisa digunakan masyarakat umum, seperti di pasar rakyat Serdam ini yang ramai dikunjungi masyarakat. Setelah berbelanja, masyarakat bisa langsung cuci tangan gunakan fasilitas ini,” katanya, Kamis (26/3).

Dikatakan Burhan, KKSS Kalbar telah membuat beberapa tanki air untuk pencuci tangan yang rencananya juga akan disebar di beberapa titik di Kubu Raya, Kota Pontianak maupun Mempawah.

“Saat ini kami tempatkan 5 unit di beberapa tempat. Permintaan Bapak Gubernur Kalbar ditempatkan di tempat publik atau umum. Termasuk BPD KKSS Sambas juga ada permintaan,” ucapnya.

Selain tanki pencuci tangan dikatakan Burhan, KKSS Kalbar akan membagi masker gratis kepada masyarakat dan penyemprotan disinfektan di tempat publik dan tempat ibadah.

Untuk mencegah virus corona Burhan mengimbau masyarakat mengonsumi makanan dan sayuran serta air putih. Tetap melakukan sosial distance dan menggunakan masker saat keluar rumah.

“Ayo bersama-sama kita lawan virus corona ini. Jangan kita biarkan wabah ini karena sudah membuat keresahan seluruh kehidupan masyarakat,” ajaknya.

Sementara pengelola Pasar Swadaya Serdam, Hendri menyambut positif bantuan fasilitas cuci tangan dari BPW KKSS Kalbar ini.

“Kita terima kasih kepada KKSS karena di pasar ini kan setiap hari ramai dikunjungi masyarakat yang ingin berbelanja. Sehingga masyarakat bisa dapat gunakannya untuk cegah corona,” ujarnya.

Salah satu pedagang Dina mengaku bersyukur adanya bantuan dari BPW KKSS Kalbar untuk mencegah corona.

“Bersyukur lah kita. Jangan sampai kite kena corona. Kami akan bantu jaga fasilitas bantuan ini agar tetap terawat dan terpelihara,” pungkasnya.(rob)