Tim penyemprotan disinfektan yang diterjunkan, diantaranya terdapat wanita-wanita tangguh yang menjadi relawan. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Desa Parit Baru di Kecamatan Sui Raya Kabupaten Kubu Raya menerjunkan tim penyemprotan disinfektan dan tim sosialisasi untuk pencegahan penyebaran Covid 19.

Kepala Desa Parit Baru, Musa mengatakan tim ini bekerja selama tujuh hari kedepan untuk penyemprotan disinfektan dengan sasaran di 7.000 KK.

“7.000 KK ini tersebar di 101 RT yang ada di 5 dusun. Tim ini sudah bekerja sejak kemarin,” katanya, Selasa (24/3).

Disebutkan Musa, pihaknya membagi dua tim. 20 orang tim dibantu kader-kader Posyandu yang lebih dominan wanita sebelumnya melakukan sosialisasi ke seluruh RT dan warga.

“Setelah itu masuk tim kedua berjumlah 10 orang 7 diantaranya wanita melakukan penyemprotan disinfektan,” ucapnya.

Baik tim pertama dan kedua masing-masing menggunakan seragam. Untuk tim penyemprotan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Dengan berpakaian warna kuning, sepatu boot dan masker, para wanita tangguh ini menggendong alat penyemprot kapasitas 15 liter berjalan kaki menyusuri rumah-rumah dan ruko di 16 RT se Dusun Cempaka.

“Anggaran oprasionalnya kita menggunakan dari dana desa,” jelasnya.

Selain itu sambung Musa, desa juga menggandeng pihak-pihak ketiga lainnya untuk ikut berperan serta seperti dari Ormas atau partai politik.

“Ini kita lakukan sesuai intruksi bapak Bupati bahwa masalah Covid-19 ini harus dilakukan dari keluarga, RT, dusun maupun desa untuk memutuskan penyebaran covid 19. Ayok mari kita bersama-sama menajdi pahlawan untuk keluarga kita sendiri,” pungkasnya.(rob)