Kantor Bupati Kubu Raya yang disemprot disinfektan untuk mencegah penyebaran corona. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Pemkab Kubu Raya juga telah mengeluarkan surat edaran bagi pelaku usaha toko, warung kopi atau cafe, jasa warnet untuk mencegah penyebaran virus corona.

Surat edaran Nomor 500/0536/Setda.Ekbang.C tertanggal 20 Maret itu yang ditanda tangani langsung Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan itu menekankan empat point.

1. Tidak menyediakan kursi meja untuk ngopi di tempat, hanya melayani bawa pulang atau pesan antar.

2. Batas waktu operasional sampai pukul 21.00 agar semua orang dapat istirahat dengan cukup.

3. Semua pelaku usaha wajib menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan wajib memenuhi SOP yakni tiap pengunjung sebelum masuk wajib mencuci tangan dengan sabun yang tersedia.

4. Pemilik dan pelaku usaha wajib menyemprotkan disinfektan ke dinding, pintu dan lainnya yang dianggap perlu untuk disemprotkan.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengajak seluruh elemen masyarakat bersikap proaktif. Yakni ikut terlibat dalam upaya pencegahan Covid-19 atau virus corona.

Caranya dengan semakin memasifkan gerakan menyemprotkan desinfektan di rumah-rumah ibadah di setiap desa dan berbagai sarana umum lainnya.

Seperti kantor desa, aula serbaguna, sarana olahraga, kesenian, dan sebagainya. Hal itu sebagaimana yang telah dilakukan sejumlah komunitas yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kubu Raya, yakni melakukan penyemprotan di sejumlah rumah ibadah dan fasilitas publik di beberapa desa.

“Ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, dimulai dari membuat sendiri bahan desinfektan dengan campuran cairan pembersih bayclin atau wipol dan air dengan komposisi 70:30. Kemudian tinggal disemprotkan melalui alat penyemprot hama seperti yang digunakan oleh petani. Atau juga bisa dengan botol semprotan plastik rumahan,” tuturnya.

Muda juga mengingatkan pentingnya membiasakan mencuci tangan dengan sabun. Kepada instansi-instansi dan rumah-rumah ibadah, ia meminta untuk menyiapkan air dan sabun. Agar setiap orang yang akan beraktivitas di dalamnya dipastikan dalam keadaan bersih.

“Usahakan lebih banyak di rumah dan agenda-agenda keramaian agar bisa ditunda dulu sementara waktu. Semoga kita semua selalu diberikan lindungan dari Allah Taala dan yakinkan diri dan keluarga bahwa kita insya Allah bisa melewati masa ini tetap dalam ketenangan,” ucapnya.(rob)