Bupati Sintang Jarot Winarno saat memimpin rapat terbatas pencegahan dan penanganan virus corona. Dihadiri Forkompinda dan legislatif. Foto: Ist

Sintang, BerkatnewsTV. Meskipun Pos Lintas Batas antara Indonesia – Malaysia telah resmi ditutup, namun ditengarai masih ada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia pulang ke Kalbar melewati jalur tikus.

Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny menyebutkan ada beberapa tenaga kerja dari Malaysia yang pulang sebagian lewat jalan tikus.

Namun ada juga yang lewat PLBN Badau. Ini diakui Ronny telah disampaikan ke Dinas Kesesehatan untuk ditindak lanjuti.

“Ada beberapa warga Kecamatan Dedai tenaga kerja dari Malaysia pulang ada yang lewat jalan tikus ada juga yang lewat Badau dan sudah saya laporkan ke Dinkes,” ungkapnya usai menghadiri rapat pencegahan dan penanganan virus corona waktu lalu.

Sementara itu Bupati Sintang Jarot Winarno menyatakan Sintang masih terbebas dari penyebaran virus corona.

Namun ia meminta warga Sintang untuk tidak berpergian ke luar daerah jika tidak dalam kondisi mendesak.

“Masih aman lah Sintang. Tapi mumpung belum ada yang positif, tolong jangan kemana-mana dulu. Terutama masyarakat ekonomi menengah ke atas. Jangan dulu berobat di Pulau Penang Kuching atau jalan-jalan ke Singapura, kasihan masyarakat lain,” imbaunya.

Kata Jarot, terpenting adalah mencegah transmisi penyakit dari orang per orang.

“Sekarang ini jangan mudik. Jangan meninggalkan kota Sintang. Sedapat mungkin tetap di Kota Sintang dulu. Kecuali ada gawat darurat,” pinta Jarot.(yti)