Empat unit kendaraan mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Trans Kalimantan KM 28 Tayan. Foto: Ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Empat unit kendaraan mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Trans Kalimantan KM 28 Tayan, Dusun Terentang Desa Subah Kecamatan Tayan Hilir, Senin (16/3) sekitar pukul 13.00 WIB.

Kasat Lantas Polres Sanggau, AKP Anne Tria Sefyna menyampaikan empat kendaraan yang mengalami laka lantas tersebut adalah kendaraan bermotor R14 Trailer dengan nomor polisi KB 9972 AM, warna Hijau Tua yang dikemudikan Parjono (46) warga Dusun Bina Karya, RT/RW 004/001 Desa Rasau Jaya Satu Kubu Raya.

Kemudian kendaraan bermotor R6 truck nomor Polisi (belum tercatat) l warna Kuning yang di kemudikan oleh Muhamad Zeki (42) warga Parit Aim, RT/RW 007/003 Sungai Ambawang Kubu Raya.

Kendaraan bermotor R4 merk Nissan X-Trail nomor polisi KB 1391 HI warna Hitam yang dikemudikan oleh Dedy Satria (30) Gang Bukit Raya 3 nomor 15 RT/RW 004/007 Sungai Jawi Dalam, Kota Pontianak.

Serta kendaraan bermotor R4 merk Toyota Innova nomor polisi KB 1040 SP, warna Abu Abu Metalik yang dikemudikan oleh Alfrian Hasybillah (40) warga Jl. Komyos Soedarso, Komp Bali Indah 1 nomor 14, Kelurahan Sui Beliung, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak.

“Pengemudi kendaraan R4 Nissan X-Trail mengalami luka di kepala dan dirujuk ke RS Promedika Pontianak,” ungkap Kasat.

Kronologis kecelakaan, dibeberkan Kasat yakni ranmor R14 Trailer yang dikemudikan oleh Parjono melaju di jalan Trans Kalimantan dari arah Simpang Ampar menuju Kota Pontianak.

Sesampainya di KM 28 Tayan, Desa Subah pada saat melewati turunan pengemudi Ranmor R14 Trailer memperlambat laju kendaraannya dikarenakan terdapat antrian kendaraan yang berada di depannya sedang melewati tanjakan.

Pada saat memperlambat laju kendaraannya itu, datang dari arah bersamaan/belakang Ranmor R6 L.Truck yang dikemudikan oleh M. Zeki dengan kecepatan tinggi dan hendak mendahului R14 Trailer tersebut.

“Pada saat hendak mendahului datang dari arah yang berlawanan Ranmor R4 Nissan X-Trail yang dikemudikan Dedy Satria sehingga terjadi benturan antara Nissan X-Trail dengan L.Truck, dan menyebabkan L.Truck oleng kesebelah kiri dan menabrak bagian belakang dari Ranmor R14 Trailer,” ungkap Kasat.

Selanjutnya, Trailer terdorong/termaju dan menyebabkan kepala unit dari Trailer tersebut berbelok ke kanan jalan. Pada saat kepala unit Trailer ke kanan jalan datang dari arah berlawanan Ranmor R4 Innova yang dikemudikan Alfrian Hasybillah sehingga terjadi benturan antara R14 trailer dengan R4 innova tersebut. (pek)