Bupati Sintang saat melakukan penyemprotan cairan desinfektan di terminal Sui Durian. Foto: Ist

Sintang, BerkatnewsTV. Pemkab Sintang bergerak cepat untuk mencegah merebaknya virus corona di Sintang dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kawasan Terminal Sungai Durian Sintang, Minggu (15/3) pagi.

“Disinsfektan ini perlu kita semprotkan di tempat-tempat yang banyak dikunjungi seperti tempat ibadah, tempat pertunjukan, ruang publik seperti terminal, taman-taman, itu secara periodik sebaiknya dilakukan penyemprotan,” jelas Bupati Sintang Jarot Winarno.

Ia pun meminta masyarakat Sintang saat ini tidak bepergian ke luar daerah, terlebih ke luar negeri, mengingat saat ini di Kota Pontianak sudah ditemukan satu kasus positif virus covid-19.

“Hindari berpergian jauh, apalagi tempat sudah ditemukan kasus, kita ndak usah mudik dulu takut kita membawa virusnya meskipun kita sehat, lalu di kampung menulari keluarga kita kan,” pesannya.

Jarot menambahkan, pihaknya akan membentuk tim gugus tugas covid-19 atau corona virus sehingga nantinya Pemkab akan tersuport juga terkait pendanaan penanganan gawat darurat dan sebagaianya nanti.

“kalau sudah gitukan kita memiliki kemampuanlah, tapi kalau sekarang kapasitas kita ni nyemprot di terminal sui durian ni saja sudah payah-payah nyari disinsfektannya,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto Linoh mengatakan, selain dikawasan terminal sungai durian, pihaknya akan melakukan penyemprotan disinsfektan di tempat umum atau ruang publik, seperti tempat ibadah, taman-taman, sekolah, dan tempat umum lainnya.

“Seperti di terminal ini semua orang datang, misal ketika batuk, filek ataupun buang air di sini karena virus corona inikan menempel di mana-mana, jadi inilah perlunya penyemprotan,” katanya.(yti)