Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar saat menghadiri musancab DPC PDIP Kubu Raya. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Dari tujuh kabupaten yang gelar pilkada serentak di Kalbar, hanya Sekadau yang telah ditetapkan duluan oleh PDI Perjuangan pasangan balon bupati dan wakil bupatinya yakni Rupinus – Aloysius.

Sementara untuk di enam daerah lainnya yakni di Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, Ketapang, Bengkayang dan Sambas masih belum dapat ditentukan figurnya.

Alasannya kata Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus masih lakukan lobi-lobi politik dengan parpol lain untuk mencari figur yang tepat.

“Sebab di enam kabupaten ini kita tidak bisa mengusung sendiri karena persyaratan jumlah kursinya tidak cukup sehingga harus berkoalisi,” kata Lasarus disela Musancab DPC PDIP Kubu Raya, Jumat (13/3).

Lobi politik itu disebutkan Lasarus misalnya menawarkan kader PDIP untuk menjadi balon bupati, wakil bupati atau hanya sebagai pendukung.

“Jadi harus ada kesepakatan-kesepakatan lah. Bargaining dulu lah. Semuanya kita lihat lagi peluang-peluang itu,” ucapnya.

Lasarus menambahkan figur yang dicalonkan nantinya berdasarkan survei dari semua indikator baik itu elektabilitas, popularitas, kapabilitas maupun integritas.

Termasuk masukan dan informasi dari masyarakat, kader PDIP hingga dari partai lain yang berkoalisi.

“Sedangkan bagi kader yang maju tapi menggunakan perahu lain maka tidak mungkin PDI Perjuangan mencalonkan yang bersangkutan. Kita kan menghormati dimana partai kita berada,” tegasnya.(rob)