Petugas KKP di Perbatasan RI - Malaysia saat melakukan pemeriksaan terhadap warga dari Malaysia masuk ke Indonesia untuk mencegah virus corona. Foto: Dok BerkatnewsTV

Pontianak, BerkatnewsTV. Tiga orang warga Kalbar kembali mendapat perawatan khusus di ruang isolasi rumah sakit daerah lantaran masuk dalam katagori pengawasan Covid-19 atau corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harrison mengatakan dua pasien dirawat di ruang Isolasi RSUD dr Soedarso Pontianak dan satu orang pasien dirawat di ruang isolasi RSUD Abdul Azis di Singkawang.

Pasien dirawat di ruang isolasi RSUD Abdul Azis di Singkawang. Pasien merupakan warga Singkawang yang bekerja Serawak.

“Pasien pulang ke Singkawang melalui PLBN Aruk. Pasien ini juga menderita batuk dan demam pada saat melewati pemeriksaan di PLBN Aruk. Kemudian dirujuk ke RSUD Abdul Aziz,” bebernya, Rabu (11/3).

Dua orang pasien yang dirawat di RSUD dr Soedarso terdiri satu orang pasien yang berumur 34 tahun, yang sebelumnya melakukan perjalanan ke Kuala Lumpur dengan pesawat Air Asia.

“Sedangkan 1 pasien yang berumur 55 tahun sebelumnya melakukan perjalanan ke Kuching Serawak, Malaysia juga menggunakan pesawat Air Asia untuk berobat di salah satu rumah sakit di Kuching,” ungkapnya.

Kedua orang pasien tersebut menderita batuk, demam dan sesak nafas. Dari gambaran pemeriksaan rontgen didapatkan gambaran Pneumonia. Jadi ke dua pasien ini memenuhi kriteri pasien dalam Pengawasan COVID-19.

Terhadap 3 pasien tersebut telah dilakukan pemeriksaan swap nasofaring untuk pengambilan spesimen lendir di tenggorokan. Selanjutnya spesimen akan dikirim ke Balitbangkes di Jakarta.(rob/mzr)