Penyebar hoax yang berhasil ditangkap lantaran memposting isu penculikan di akun facebooknya. Foto: Ist

Singkawang, BerkatnewsTV. Lagi-lagi Kota Singkawang diguncang isu tidak sedap yang dapat membuat resah masyarakat yakni penculikan yang tersebar luas di media sosial.

Kapolsek Singkawang Timur IPTU Harsoyo menegaskan isu penculikan itu tidak benar. Pelaku yang ditangkap adalah kasus curat. Ditangkap jajaran Polsek Singkawang Timur bersama Polsek Monterado Bengkayang di Bengkayang.

“Itu bukan penculikan. Foto – foto yang memberi keterangan bahasa tersangka penculikan diamankan di Singkawang Timur merupakan pelaku curat (pencurian dengan pemberatan). Jadi bukan penculikan,” tegasnya, Kamis (13/2).

Dikatakan Kapolsek pihak kepolisian memintai klafirikasi kepada penyebar hoax yakni pemilik akun atas nama Linggar. “Yang bersangkutan mengakui kesalahannya secara lisan dan tulisan serta menghapus postingan di akun facebooknya. Jadi belum ditetapkan tersangka,” jelas Kapolsek.

Dalam videonya, pemilik akun Linggar didampingi petugas kepolisian meminta maaf dan mengakui kesalahannya telah menyebar berita hoax.

“Saya meminta maaf kepada pihak kepolisian serta masyarakat Kota Singkawang telah menyebar berita hoax di akun media sosial saya. Bahwa terjadi penculikan anak. Setelah di konfirmasi adalah pelaku yang diamankan di Maya Sofa Kecamatan Singkawang Timur adalah pelaku pencurian. Dan saya meminta maaf sebesar besarnya kepada pihak kepolisian dan masyarakat,” katanya dalam video tersebut.(mzr)