Pasien Puskesmas yang telah menggunakan aplikasi antrean online BPJS Kesehatan. Foto: gun

Sekadau, BerkatnewsTV. BPJS Kesehatan menerapkan antrean elektronik pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS.

Kepala Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) BPJS Sekadau Kantor Layanan Operasional Kabupaten BPJS Sekadau, Siti Fatkhul Hidayah mengatakan sistem itu telah diterapkan di Puskesmas Sekadau Hilir.

Dengan sistem antrean online ini tentunya sangat membantu pihak Puskesmas Sekadau Hilir dalam memberikan layanan kepada pasien. Terdata hingga Februari jumlah peserta terdaftar sebanyak 19.391.

“Kemudahan ini diberikan demi kepuasan peserta. Peserta yang akan berobat di FKTP tinggal mendaftar dari rumah dengan smartphone-nya dan bisa mengetahui kapan dia dipanggil untuk mendapatkan pelayanan,” jelas Ida, Selasa (11/2).

Siti melanjutkan, kelebihan dari sistem antrean elektronik ini peserta tidak perlu datang ke FKTP terlebih dahulu untuk mendaftar dan mengambil nomor antrean, cukup melalui Aplikasi Mobile JKN peserta akan terdaftar sekaligus mendapatkan nomor antrean.

“Di Puskesmas Sekadau Hilir yang notabenenya puskesmas dalam kota yang banyak peserta terdaftarnya sudah melaksanakan program ini. Dari sisi FKTP administrasi dan dokumentasi lebih tertata dan dari sisi pasien dia mengetahui antreannya dari monitor yang tertera,” jelasnya.

Dokter Pelaksana di Puskesmas Sekadau Hilir, Fadly Noviandi mengatakan, dengan adanya inovasi tersebut administrasi rekam medik peserta menjadi lebih tertib. Selain itu, tenaga kesehatan lebih cepat dalam melayani.

“Ini tentu berpengaruh dengan tingkat kepuasan pasien,” ujarnya.(gun)