Ketua DPRD bersama Wakil Bupati Kubu Raya saat silaturahmi dengan Forum Komunikasi Pondok Pesantren. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Kubu Raya, kabupaten yang memiliki jumlah pondok pesantren terbanyak di Kalbar. Tercatat sekitar 75 pondok pesantren tersebar di sembilan kecamatan.

Ketua DPRD Kubu Raya Agus Sudarmansyah menilai keberadaan pondok pesantren sangat lah penting dalam rangka pembangunan SDM dan umat.

“Maka keberadaannya patut menjadi perhatian bagi pemerintah daerah memberikan pembinaan, mendukung dan mengawasi pondok-pondok pesantren tersebut sehingga tetap berada sesuai dengan aturan,” katanya, Selasa (4/2).

Termasuk dalam hal pemberian dana hibah bansos. Menurut Agus selayaknya pemda mengucurkan kucuran anggaran kepada pondok pesantren.

“Memang anggaran APBD terbatas akan tetapi tidak lah mengabaikan program-program lain yang bersentuhan dengan masyarakat,” ucapnya.

DPRD sendiri ditegaskan Agus mendukung penuh pemberian hibah bansos kepada pondok pesantren melalui kewenangannya dalam hal penganggaran.

Agus juga berharap perusahaan sekitar pondok pesantren ikut berperan serta melalui dana CSR nya. “Ini lah sinergisitas antara pemerintah dan swasta membangun SDM dan pembinaan umat,” pungkasnya.(rob)