Telematics Control Management Room diresmikan Tjhai Chui Mie pada Rabu (15/1) seiring menghadapi tantangan perkembangan era digital yang semakin pesat. Foto: Ist

Singkawang, BerkatnewsTV. Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie berharap Telematics Control Management Room dapat digunakan semua OPD agar dapat berintegrasi dengan baik.

Sebab menurutnya ruang kendali telematika ini telah menjadi sebuah keperluan masa kini, dimana integrasi data sangat diutamakan sebagai pusat visualisasinya, baik yang diperoleh maupun online, offline, internal maupun eksternal yang disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar video wall.

Fungsinya, katanya, sebagai tempat dan tools pengambilan segala bentuk kebijakan, baik untuk mendukung rencana aksi dan program kerja Pemerintah Kota Singkawang serta sebagai tempat memonitor aplikasi aplikasi milik OPD di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang.

“Disini juga kita dapat melakukan video conference secara internal Pemkot Singkawang maupun dengam kabupaten/kota, provinsi maupun kementerian dan lembaga,” ujarnya.

Telematics Control Management Room diresmikan Tjhai Chui Mie pada Rabu (15/1) seiring menghadapi tantangan perkembangan era digital yang semakin pesat.

“Hari ini Pemkot Singkawang akan memasuki babak baru yaitu dengan penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE),” katanya.

Kepala Dinas Kominfo Singkawang, Ahyadi mengatakan salah satu fungsi dari control room juga sebagai monitoring room dan ruang kendali pimpinan daerah.

Mewujudkan sebuah control room yang baik tidak hanya membutuhkan perangkat dengan teknologi yang canggih, namun juga dengan ruangan modern dan ergonomik.

“Terkait itu dibutuhkan peningkatan interior gedung yang ada agat sesuai dengan kebutuhan pembangunan control room Pemkot Singkawang,” ujarnya.(mzr)