Dinas Cek Pengerjaan Tiga Pasar Tradisional

Pengecekan pengerjaan tiga unit bangunan pasar rakyat yang dibangun di Kecamatan Batang Tarang, Kembayan dan Sekayam. Foto: Ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Tiga unit bangunan pasar rakyat telah dibangun di Kecamatan Batang Tarang, Kembayan dan Sekayam. Bangunan yang bersumber dari dana DAK dan Tugas Pembantuan (TP) itu selesai dikerjakan pada Desember 2019.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkop dan UM) Kabupaten Sanggau, Syarif Ibnu Marwan Alqadrie meninjau langsung pembangunan tiga pasar di tiga lokasi tersebut.

Kedatangan Marwan untuk memastikan bahwa pembangunan fisik ketiga pasar tersebut selesai 100 persen.

“Silakan cek. Mana yang tidak selesai. Semua sudah selesai. Termasuk fasilitas seperti WC, mushala, listrik maupun air,” kata Marwan didampingi Camat Kembayan, Inosensius Nono, ketika mengecek pasar rakyat Kembayan, Senin (13/1) siang.

Pada kesempatan itu, Marwan juga mengecek semua fasilitas yang ada.

“Keran airnya ada. Sengaja belum dipasang karena takut hilang. Inikan belum difungsikan,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk pasar rakyat di Batang Tarang terdiri dari 20 lapak dan 10 kios. Sedangkan untuk pasar di Kembayan terdiri dari 48 lapak dan enam kios. Sementara pasar rakyat di Sekayam terdiri dari 96 lapak dan 10 kios.

Marwan menegaskan terhadap keterlambatan-keterlambatan oleh pelaksana pembangunan, pihaknya tetap melakukan mekanisme denda.

“Sekarang masih tahap pemeliharaan, selama enam bulan. Kita juga ada jaminan semasa pemeliharaan dari pelaksana, dan memang saya minta beberapa bagian dipoles sehingga tampak rapi,” pungkasnya.

Marwan juga menjelaskan tiga pasar yang dibangun itu berasal dari dua sumber dana berbeda.

“Kalau untuk pasar di Batang Tarang dan Kembayan berasal dari DAK. Sedangkan untuk pasar Sekayam berasal dari dana Tugas Pembantuan (TP) dan untuk operasinya kita masih menunggu instruksi Kementerian Perdagangan,” bebernya.

Sementara itu, Ketua pedagang pasar rakyat Kecamatan Kembayan, Amelia (55) mengapresiasi pembangunan pasar rakyat yang berlokasi di jalan raya Kembayan. Dengan hadirnya pasar tersebut, Ia berharap para pedagang makin bersemangat dalam berdagang.

“Alhamdulillah, kami para pedagang sangat terbantu dengan kehadiran pasar ini dan kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah daerah dan pusat yang telah membangun pasar yang bagus untuk kami,” kata Amelia, Senin (13/1).

Tokoh masyarakat Batang Tarang, Salipus Sali berharap, Pemkab melakukan penataan dan pembangunan halaman yang dinilainya perlu ditata rapi.

“Secara umum si bagus. Tapi saya minta halamannya saja dibuat dan ditata rapi. Yang jelas, keberadaan pasar rakyat ini sangat urgen bagi kami warga Batang Tarang dan warga di sekitar kami termasuk juga dari Kubu Raya yang biasa belanja disini,” pungkasnya.

Terpisah, Camat Kembayan, Inosensius Nono menilai pasar tradisional Kembayan ini adalah urat nadi perekonomian masyarakat, bukan hanya dari Kecamatan Kembayan tetapi lima Kecamatan sekitar.

“Jadi pendongkrak ekonominya ada di Kembayan. Ada lima Kecamatan yang menggunakan pasar ini, diantaranya sebagian Beduai, sebagian Tayan Hulu, sebagian Bonti, sebagian masyarakat Noyan dan Kembayan. Jadi bukan hanya pasar, termasuk juga perbangkan, CU dan beberapa usaha lainnya,” bebernya.(pek)

Tulis Komentar