Batu Posok di Sanggau salah satu destinasi wisata alam
Batu Posok di Sanggau salah satu destinasi wisata alam. Foto: Ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Musim liburan telah berlalu, saatnya memasuki rutinitas sehari-hari seperti biasanya. masa-masa liburan masih membekas dibenak setiap orang. Karena saat-saat liburan adalah momen terbaik untuk merefleksikan diri dari penatnya rutinitas sehari-hari terutama rutinitas formal yang setiap orang lakukan, diantaranya rutinitas kerja, sekolah serta rutinitas lain yang banyak menguras tenaga, pikiran dan waktu.

Oleh sebab itu hari libur merupakan hari yang dinanti oleh setiap orang karena pada momen seperti ini banyak keluarga yang memilih untuk meluangkan banyak waktu terhadap keluarganya masing-masing. Banyak diantara mereka untuk memilih liburan bahkan ke luar negeri dengan memakan biaya yang cukup tinggi.

Sebenarnya setiap daerah memiliki potensi tempat wisata yang dapat dijadikan lokasi berlibur bersama sanak saudara yang tidak perlu menguras uang dengan jumlah yang banyak. Salah satu pilihan terbaik dalam mengisi liburan adalah dengan wisata alam yang terdapat di setiap daerah.

Di Kabupaten Sanggau sendiri terdapat sebuah tempat wisata bernama Batu Posok yang saat sedang dilakukan penyegaran oleh Kelompok Sadar Wisata pada wilayah tersebut tepatnya di Desa Penyeladi Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Sebenarnya Batu Posok bukanlah sebuah destinasi wisata yang baru, Batu Posok pertama kali dibuka sekitar tahun 1984 dan menjadi salah satu destinasi wisata murah di Sanggau Kapuas, namun wisata ini kemudian turun pamor sehingga lokasinya tidak dirawat dan menjadi semak belukar.

Kabar gembira bagi masyarakat Sanggau karena saat ini Batu Posok kembali dibuka oleh Kelompok Sadar Wisata yang dipimpin oleh Feri Risaldi.

Pemuda kelahiran Riau ini secara sadar mengajak masyarakat Desa Penyeladi terutama para pemuda-pemuda desa untuk kembali membuka destinasi wisata Batu Posok dengan tujuan utamanya membuat kegiatan positif untuk anak-anak muda penyeladi melalui pariwisata, dan sebagai daya ungkit ekonomi masyrakat karena penyeladi memiliki potensi pariwisata yang bagus, dan wilayahnya sangat mendukung.

Batu Posok sendiri dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sanggau Bapak Yohanes Ontot pada tanggal 7 April 2019 yang lalu. Untuk mencapai ke lokasi batu posok pengunjung tidak perlu khawatir, karena jarak tempuh dari pusat Kota Sanggau ke Batu Posok hanya berjarak 8 Km.

Dengan tiket masuk yang murah meriah berkisar dari 3000-5000 rupiah wisata alam di Batu Posok sangat direkomendasikan untuk keluarga yang ingin berlibur bersama anak-anaknya dan membangun kreativitas anak dengan bermain di alam, selain itu nuansa hutan yang sejuk serta spot-spot yang disediakan di Batu Posok juga dapat membuat pengunjung betah berlama-lama disana.

Spot-spot yang menarik di batu posok diantaranya adalah rumah pohon yang sangat indah, terdapat pula ban-ban bekas yang diwarnai sehingga menarik dijadikan tempat berfoto serta banyolan-banyolan lucu yang dibuat diatas papan dan di tempelkan dipepohonan,dan tak lain yaitu air mengalir diantara batu-batu yang di sebut dengan Batu Posok itu sendiri.

“Harapan dari Pokdarwis Desa Penyeladi untuk pemerintah yaitu buatlah Perda yg mendukung pariwisata sanggau, sehingga ekonomi kreatif bisa cepat berkembang disini. Efek domino Perputaran ekonomi dalam pariwisata sangat besar dampaknya jika semua unsur saling dukung” ujar Feri Risaldi.

So tunggu apalagi ayo ajak keluarga anda berlibur ke Batu Posok Sanggau Kapuas, liburan nyaman, aman dan harga terjangkau.

Penulis: Haris Hidayat
Mahasiswa Megister Sosial dan Politik
Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak