Dandim 1205/Sintang saat mengunjungi sejumlah Koramil yang bernaung dibawah Kodim 1205 Sintang. Foto: Ist

Sintang, BerkatnewsTV. Mengawali tugas sebagai Komandan Kodim (Dandim) 1205/Sintang, melaksanakan kunjungan ke koramil-koramil di jajaran Kodim 1205/Sintang.

Lebih awal Dandim mengunjungi lima Koramil dari 19 Koramil di dua kabupaten yakni Sintang-Melawi diantaranya Koramil Sepauk, Koramil Tempunak, Koramil Ella Hilir,Koramil Nanga Pinoh, Koramil Pamuar.

Kunjungan dadakan yang dilakukan oleh Dandim ke jajaran merupakan upaya untuk mengetahui situasi dan kondisi secara nyata di lapangan.

“Sebagai warga baru di Kodim 1205/Sintang tentunya perlu mengerti daerah yang menjadi tugas dan tanggung jawab saya. Juga untuk mengenal lebih dekat para anggota dan sebaliknya serta ingin mengetahui kondisi riil di lapangan sehingga kedepan dapat menyiapkan konsep kinerja,” kata Dandim 1205/Stg Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, Rabu,(8/1).

Dalam kunjungannya Dandim berpesan agar kehadiran babinsa di masyarakat dapat menciptakan rasa aman dan nyaman. Sebagai ujung di tombak satuan kewilayahan babinsa diharapkan senantiasa dekat dengan warga dan selalu sigap membantu kesulitan warganya.

“Ciptakanlah rasa nyaman di lingkungan dan di wilayah binaan kalian,” pinta Dandim.

Menurutnya, babinsa harus dapat melakukan deteksi dini terhadap kelompok-kelompok yang dianggap membahayakan kedaulatan NKRI.

Sebagai mata dan telinga satuan kewilayahan babinsa diharapkan mengerti akan tugas dan fungsinya sehingga tugas dan tanggung jawabnya akan dapat dilaksanakan dengan baik, dan bisa diterima oleh masyarakat.

“Laksanakan tugas dengan semangat dan penuh rasa tanggung jawab dan selalu menghindari pelanggaran sekecil apapun,”ujarnya.

Sementara baru 5 koramil yang saya kunjungi dari 19 koramil yang ada di dua kabupaten pada 6 Januari kemarin melalui jalur sungai mengunjungi koramil Sepauk dan tempunak.

Dari hasil kunjungan itu kata Eko bakal dia buat konsep untuk meningkatkan serta merumuskan langkah kongkrit untuk atasi permasalahan yang ada misalnya di Pamuar rentan terhadap karhutla.(sus)