Anak-anak Singkawang Terserang Difteri

Wali kota Singkawang Tjhai Chui Mie

Singkawang, BerkatnewsTV. Dinas Kesehatan dan KB Kota Singkawang menemukan sedikitnya 12 kasus difteri sepanjang tahun 2019.

Penderitanya lebih dominan anak – anak dengan usia yang bervariasi.

Plh Kepala Dinas Kesehatan Dan KB Kota Singkawang Antin Supriantin mengungkapkan mereka yang terserang difteri terdiri dari 5 orang laki – laki dan 7 orang Perempuan.

“Kasus ini telah kita temukan sejak bulan Maret hingga Desember 2019,” bebernya usai rapat pencegahan KLB Difteri, Senin (6/1).

Penderitanya dari usia 5 – 7 tahun sebanyak 4 orang, usia 7 – 12 tahun sebanyak 5 orang dan di atas 12 tahun sebanyak 3 orang.

Mereka sambung Antin sempat dirawat di rumah sakit. Namun hingga saat ini telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

“Akan tetapi masih dibawah pengawasan kami,” ucapnya.

Ia pun sebutkan dua langkah yang dilakukan untuk penanganannya yaitu jangka panjang dan jangka pendek.

Penanganan jangka panjang dengan membentuk tim menindak lanjuti langkah Walikota dan melakukan sosialisasi kepada masayarakat akan bahaya difteri.

“Sedangkan untuk jangka pendek membuat Perwa mengenai tindak lanjut rapat akan membalas surat dari gubernur dan memohon dukungan penuh khusunya mengenai sosialisasi tentang bahaya difteri,” katanya.

Sementara itu. Wali kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengintruksikan Dinas Kesehatan dan KB meningkatkan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat.

“Dengan sosialisasi dan edukasi dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat dampak dan bahayanya agar orang tua mau memberikan vaksin kepada anaknya,” pungkasnya.(mzr)

Tulis Komentar